Kaleidoskop 2023 Pemkab Banjar, Penuh Prestasi

Duet H Saidi Mansyur dan Habib Idrus



SEBAGAIMANA lumrah sudah di berbagai media, jika menjelang akhir tahun atau menyambut tahun baru, ada tulisan yang berkaitan dengan kaleidoskop, dan kali ini Kaleidoskop 2023. Secara umum, pengertian kaleidoskop adalah aneka peristiwa-peristiwa penting dan dianggap besar yang terjadi di sepanjang tahun, yang dipaparkan dengan ringkas dan padat.

Berhubung tulisan ini berkait dengan Pemkab Banjar, maka tulisan ini coba memaparkan rangkaian kegiatan dan prestasi Pemkab Banjar di bawah kepemimpinan Bupati Banjar H Saidi Mansyur dan Wabup Said Idrus Al Habsyie sepanjang tahun 2023, utamanya mensukseskan visi dan misi Manis, yakni Maju, Mandiri dan Agamis. 

Januari

Pemkab Banjar di awal tahun dihadapi juga dampak ekonomi global yang diprediksi mengalami resesi di 2023, mengingat 2020 hingga 2021 terkena dampak Covid-19. Pemkab Banjar pun dituntut mampu menekan inflasi daerah. Beruntung, sebagaimana dijelaskan Sekda Banjar HM Hilman, Senin (9/1/2023), harga-harga barang dan kebutuhan pokok di Kabupaten Banjar masih dalam klasifikasi normal dibanding inflasi nasional.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur menggalakkan pembangunan ruas jalan desa sebagai urat nadi perekonomian. Ditandai peresmian jalan Sungkai-Balaimadu dan Madurejo-Gunung Batu di Kecamatan Sambung Makmur, Rabu (11/1/2023). Secara keseluruhan, ratusan kilometer baik jalan kabupaten dan jalan desa, direhabilitasi hingga kondisi mantap, guna menyamankan warga dalam beraktivitas, sehingga mendukung upaya memajukan desa dan masyarakatnya.

Sertifikat Akreditasi Paripurna RSUD Raza

Pelayanan kesehatan tetap menjadi prioritas penting, terbukti RSUD Ratu Zalecha meraih Sertifikat Akreditasi Paripurna dari Menkes RI. Senin (16/1/2023), Direktur RSUD Raza Tofik Norman bertekad melaksanakan perintah Bupati Banjar Saidi Mansyur agar terus mengoptimalkan pelayanan kesehatan dengan baik sesuai standar pelayanan yang sudah diakui secara nasional tersebut.

Minggu (29/1/2023), Haul ke-18 Abah Guru Sekumpul yang terpusat di Sekumpul, Martapura dan sekitarnya meski sempat rehat hampir dua tahun, ternyata masih dihadiri lebih dari sejuta jemaah dari berbagai pelosok daerah. Bupati Banjar H Saidi Mansyur meminta segenap pihak, terutama petugas gabungan, mulai dari kepolisian, tentara, Sat Pol PP dan Dishub Banjar agar terjun mengantisipasi membludaknya arus kedatangan jemaah, begitu juga sebaliknya. Alhasil, berkat rahmat Allah, diikhtiari dengan kesigapan aparat gabungan, rangkaian haul bisa berjalan dengan tertib dan aman.


Februari

Bupati Banjar H Saidi Mansyur dan jajaran pendidikan juga intens mengembangkan sekolah berwawasan lingkungan, terbukti 31 sekolah lingkup Banjar telah meraih Penghargaan Adiwiyata berbagai kategori. Senin (6/2/2023) ia berpesan kepada petinggi Disdik Banjar, Liana Penny agar mendidik siswa sejak dini sehingga mencintai lingkungan dan kebersihan. Adapun penerima penghargaan Adiwiyata Kabupaten Banjar 17 sekolah, salah satunya SDN Gudang Hirang 2. Adiwiyata Provinsi Kalsel 10 sekolah, salah satunya SDN Sungai Tabuk 2. Dan Adiwiyata Nasional 4 sekolah salah satunya SDN Tambak Anyar.

Antraksi peringatan Satu Abad NU

Pada Selasa (7/2/2023), di RTH Ratu Zalecha Martapura, Bupati Banjar H Saidi Mansyur membuka Satu Abad NU yang merupakan momen bersejarah. Menurutnya, ini adalah tanda syukur sehingga lebih memotivasi pengurus terus berkhidmat kepada NU yang sejalan selalu membimbing umat ke jalan yang diridhoi Allah SWT termasuk dalam mensukseskan pembangunan, dan mensejahterakan rakyat.

Pada tahun 2022 Indek Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Banjar 70,72, sementara di tahun 2021 adalah 69,89. Sehingga ada kenaikan sebesar 0,83. Hasil ini menunjukkan kenaikan capaian pembangunan manusia berbasis komponen dasar kualitas hidup, yang mencakup umur panjang dan sehat, pengetahuan dan kehidupan yang layak. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Banjar Liana Penny, Senin (13/2/2023) pagi. Liana Penny juga sampaikan beberapa capaian kinerja pihaknya dalam meningkatkan IPM dari sektor pendidikan. Seperti angka Harapan Lama Sekolah (HLS) tahun 2022 adalah 13,02 sedangkan 2021 adalah 12,44. Angka Rata-rata Lama Sekolah (RLS)  tahun 2022 adalah 7,71 sedangkan 2021 capaiannya 7,35. Untuk Angka Partisipasi Murni (APM) jenjang SD tahun 2022 adalah 99,18 tahun 2021 adalah 99,12. Sementara jenjang SMP tahun 2022 adalah 72,36 tahun 2021 adalah 72,27. Tahun 2022 lanjut Liana Penny, ada 27 ponpes di Kabupaten Banjar melakukan kesetaraan, dan 9 ponpes telah menjalin kerjasama (MoU) dengan pihaknya.

Selasa (21/2/2023), Yudi Andrea, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Banjar memberikan pelayanan perizinan dan non perizinan, yang ada di OSS dan di aplikasi Mandiri Dinas Perizinan termasuk juga layanan konsultasi dan penanganan pengaduan masyarakat, mencatat target investasi Kabupaten Banjar tahun (2022) lalu adalah 1 triliun 428 miliar 971 juta rupiah, namun realisasinya sangat tinggi bahkan melebihi target, yakni 2 triliun 372 miliar 101 juta rupiah (Rp2,3 triliun). Untuk IKM (Indeks Kepuasan Masyarakat) target tahun 2022 sebesar 84,00 dan terealisasi 84,01. Artinya telah tercapai 100 persen. IKM memperoleh peningkatan dari tahun 2021 yang nilainya baru sebesar 81,53. Pada sektor UMKM pemerintah sangat intens dalam meningkatkan pertumbuhannya. DPMPTSP memfasilitasi agar produk-produk UMKM dapat dipasarkan di pasar-pasar modern atau ritel modern.


Maret

Kabag Kesra Setda Banjar, Sawiyan, selasa (14/3/2023) menjelaskan, hibah Pemkab Banjar ke lembaga keagamaan terus meningkat dari tahun ke tahun secara signifikan. Peserta penerima hibah terdiri dari 3 unsur. Yang pertama dari badan/lembaga ada 5, kedua masjid/langgar/pusat beribadah ada 6 dan pesantren 17 buah. 2023 ini hibah Rp10.063.626.400, meningkat tajam dibanding 2022 Rp5.840.991.200.

Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Tamara Bersama di Desa Aluh-Aluh Kecil Muara, Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar, Selasa (14/3/2023) siang diresmikan Bupati Banjar Saidi Mansyur. Ini sebagian dari lebih dari 21 LPM yang tersebar di pelosok daerah. Intinya, LPM ini bertugas menjaga ketahanan pangan di masyarakat, karena sangat penting dalam mewujudkan SDM yang berkualitas dan menjadi salah satu pilar utama menopang ketahanan ekonomi yang berkelanjutan dan komprehensif.

April

Wabup Banjar Habib Idrus mencatuk dauh

Grand Final Festival Becatuk Dauh yang digelar Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar), Selasa (11/4/2023) malam di Martapura, mencatat grup Baitul Huda asal Desa Pekauman Kecamatan Martapura Timur keluar sebagai juara I.   Kemudian juara favorit Arraudah Senior asal Teluk Selong Ilir, busana terbaik Darul Muflihin asal Karangan Putih dan Pelestari Annadhir Junior asal Murung Kenanga. Ini merupakan upaya Pemkab Banjar melestarikan tradisi masyarakat menyambut bulan suci Ramadhan serta Hari Raya Idul Fitri. 

Mei

Dirjen PAUD, Dasar dan Menengah Kemendikbud RI, Iwan Syahril bersama Bupati Banjar

Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Iwan Syahril lakukan kunjungan silaturahmi ke  Pemkab Banjar, diterima Bupati Banjar H Saidi Mansyur beserta Ketua Tim Penggerak PKK Hj Nurgita Tiyas, di Mahligai Sultan Adam lantai I, Selasa (9/5/2023) sore. Iwan Syahril memuji Kabupaten Banjar yang merupakan salah satu kabupaten yang bisa mengakselerasikan adopsi inovasi dalam Merdeka Belajar, misalnya akun belajar.id yang sudah 100 persen, adaptasi Kurikulum Merdeka juga sudah sangat tinggi dan ini menjadi modal bagi guru-guru di Kabupaten Banjar yang punya semangat gotong royong cukup tinggi bersama pemerintah daerah untuk memajukan layanan pendidikan.

Pemerintah Kabupaten Banjar berhasil meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke-10 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Kalsel terhadap Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) LKPD 2022. Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyie menerima langsung LHP tersebut dari Kepala BPK RI Perwakilan Kalsel, Rahmadi, di Kantor BPK RI setempat, Banjarbaru, Selasa (9/5/2023) siang. Menurut Kepala BPK RI Perwakilan Kalsel, Rahmadi LKPD ini telah disajikan secara wajar, sesuai SAP dan prinsip 
akuntansi sehingga diberikan status WTP.

Juni

Ketua Dekranasda Banjar, Hj Nurgita Tiyas

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan launching produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal, di Indomaret Citraland Km 7,5 Kecamatan Kertak Hanyar, Jumat (16/6/2023) siang. Ada 11 (sebelas) produk UMKM lokal yang dilunching dan tersedia di ritel modern. Diantaranya semprong isi, keripik pisang, kerupuk acan, kacang ijo goreng, kentang mustofa dan kopi datoe. Syukron Romadlani Development Manager Indomaret Kalselteng mengatakan, 11 produk UMKM lokal tersebut kini tersedia di 23 ritel modern dari 50 ritel modern 
yang ada di Kabupaten Banjar. Sementara terkait akan sistem, produk yang masuk dibayar awal oleh pihak ritel.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banjar, Aidil Basith Selasa (20/6/2023) mulai mencanangkan 10 desa dibangunkan BTS guna mewujudkan 2024 bebas sinyal. 10 desa yang diajukan adalah Desa Pasiraman Kecamatan Mataraman, Desa Artain Kecamatan Aranio, Desa Balau dan Desa Pulau Nyiur Kecamatan Karang Intan. Desa Sungai Kupang dan Desa Malintang Kecamatan Gambut, Desa Pingaran Ulu Kecamatan Astambul. Desa Lok Tunggul dan Desa Mangkauk Kecamatan Pengaron serta Desa Pambatanan Sungai Tabuk.


Juli

Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo membuka kegiatan Sarasehan Petani Milenial, di Hotel Claro Kota Makassar, Jumat (21/07/2023). Pembukaan sarasehan sekaligus Launching Aplikasi Learning Management System (LMS). Kegiatan yang berlangsung  sejak 20 – 22 Juli 2023 ini diikuti sebanyak 700 peserta seluruh Indonesia termasuk Kalsel dari Kabupaten Banjar. Adapun penerima penghargaan Yess Award 2023 dari Provinsi Kalsel yakni: Kabupaten Banjar pada kategori DIT (District Implementation Team). Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar untuk kategori BPSP (Business Development Services Provider). Nurul Huda Safitri (Tanah Laut) kategori FA (Financial Advisor). Suryani (Tanah Bumbu) kategori Mobilizer. Muhammad Nur’ied (Banjar) kategori Fasmud (Fasilitator Pemuda). Boy Mardani (Tanah Laut) untuk kategori PM (Petani Milineal) Inspiratif.

Manggala Karya Kencana masing-masing diraih Bupati Banjar H Saidi Mansyur dan Ketua Tim Penggerak PKK Banjar Hj Nurgita Tiyas

Bupati Banjar H Saidi Mansyur meraih penghargaan bergengsi level nasional bernama Manggala Karya Kencana dari BKKBN Pusat langsung dari Kepala BKKBN Hasto Wardoyo dalam puncak Hari Keluarga Nasional ke-30 tingkat Provinsi Kalsel di Alun-alun Ratu Zalecha, Martapura, Kamis (27/7/2023). Penghargaan berupa alencana emas serupa juga diberikan kepada Ketua TP PKK Banjar Hj Nurgita Tiyas, karena dinilai memimpin kabupaten yang berhasil mengurangi angka stunting secara signifikan. Kabupaten Banjar juga layak berbangga, sebab lencana emas bernama Dharma Karya Kencana diberikan Hasto Wardoyo kepada H Mansyur. Ini penghargaan khusus kepada pihak ketiga atau pengusaha yang berperan aktif membantu daerah dalam menekan angka stunting. Hasto Wardoyo mengatakan, penghargaan khusus nasional itu diberikan mengigat Kabupaten Banjar sangat cepat dalam menurunkan angka stunting, dari sebelumnya di kisaran 40 persen, menjadi 26,4 persen. 

Pada 27 Juli 2023, Kafilah Kabupaten Banjar meraih prestasi juara umum MTQ Provinsi Kalsel XXXIV 2023 di Banjarbaru. Bupati Banjar H Saidi Mansyur sampaikan rasa syukurnya dan apresiasi kepada kafilahnya atas raihan maksimal tersebut, usai menerima piala juara umum dari Paman Birin. 4 cabang unggulan yang menjuarai MTQ tingkat Kalsel ini yaitu tahfiz qur’an, hafalan hadis, tafsir dan tilawah. 

Agustus

Pemkab Banjar dalam hal ini eksekutif maupun DPRD Banjar bersepakat mengucurkan penyertaan modal sebesar Rp30 miliar guna meningkatkan jaringan pipa air ke pelanggan. Hal itu telah disepakati dalam rapat banggar di dewan, Kamis dan Jumat (11/8/2023). Wakil Ketua DPRD Banjar Akhmad Rizanie Anshari kepada pers mengatakan,  penyertaan modal itu bisa jadi solusi mengatasi keluhan sejumlah pelanggan PTAM Intan Banjar yang berada di wilayah Kecamatan Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar. Langkah percepatan penambahan penyertaan modal tersebut sangat penting agar persoalan kesulitan air bersih yang sedang viral saat ini ada solusi kongkritnya.

Paman Birin diapit Bupati dan Wabup Banjar

Mengusung tema “Banjar Bangkit, Tangguh Maju Bersama Masyarakat” Puncak Peringatan Hari Jadi ke 73 Kabupaten Banjar Tahun 2023, digelar di RTH Alun Alun Ratu Zalecha Martapura, Rabu (30/8/2023) pagi.Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor sampaikan ucapan selamat Hari Jadi ke-73 untuk Kabupaten Banjar. Ia  mengharapkan kemajuan pembangunan di Kabupaten Banjar semakin bertambah baik, dan terus berkelanjutan sehingga dapat mewujudkan Kabupaten Banjar yang Maju, Mandiri dan Agamis (Manis). Sementara Bupati Banjar H Saidi Mansyur, bersyukur dan bangga bahwa Kabupaten Banjar telah mengalami progres yang signifikan. Ia menerangkan dalam aspek perekonomian, tahun 2021 berhasil tumbuh positif sebesar 3,21 persen. Tahun 2022 meningkat sebesar 4,48 persen mengindikasikan pemulihan ekonomi yang semakin baik. Angka kemiskinan di Kabupaten Banjar berhasil ditekan menjadi 2,79 persen pada tahun 2022 yang merupakan angka terendah di Kalsel. Pembangunan infrastruktur lanjutnya, juga menjadi salah satu fokus utama. Melalui berbagai proyek seperti pembangunan jalan, jembatan dan penataan kawasan tertentu. Pemerintah telah meningkatkan konektivitas antar wilayah dan menberikan dampak positif bagi masyarakat.


September

Pemerintah Kabupaten Banjar berhasil meraih penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) sebagai Pemerintah Daerah yang telah berhasil menerapkan sistem pemerintahan berbasis elektronik melalui aplikasi Sistem Kearsipan Dinamis dan Terintegrasi (SRIKANDI) pada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Penghargaan itu diserahkan Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan Arsip Nasional RI, Desi Pratiwi dan diterima langsung Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar dr. H. Tofik Norman Hidayat mewakili Bupati Banjar H Saidi Mansyur, di Hotel Sunan Surakarta, Provinsi Jawa Tengah, Rabu (6/9/2023). Pemerintah Kabupaten Banjar berhasil meraih penghargaan itu berkat keberhasilannya mengarsipkan 22.014 surat masuk dan 33.035 surat keluar. Dari hasil ini Kabupaten Banjar menjadi terbaik kedua Nasional setelah Pemerintah Kabupaten Ketapang menjadi terbaik pertama.

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang pemenuhan hak anak, Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Sosial P3AP2KB menggelar Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tingkat Kabupaten Banjar tahun 2023, di RTH Alun Alun Ratu Zalecha Martapura, Rabu (20/9/2023) sore. Kegiatan yang mengusung tema ”Anak Terlindungi Indonesia Maju” tersebut turut dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesra H Masruri, Sekretaris Gugus Tugas Layak Anak Hj Siti Hamidah, para Kepala SKPD, Forkopimda Banjar serta  ratusan anak yang tergabung dalam forum Anak Daerah Kabupaten Banjar.

Oktober

Kabupaten Banjar raih penghargaan sebagai peringkat 1 capaian pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) dan peringkat 1 capaian pelayanan KB Pasca Persalinan (KBPP) terbanyak kabupaten/kota pada kegiatan pekan pelayanan KB serentak tingkat Provinsi Kalimantan Selatan dalam rangka hari kontrasepsi sedunia tahun 2023, tanggal 26 September-9 Oktober 2023. Piagam Penghargaan tersebut diterima Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al-Habsyie yang diserahkan oleh Deputi Bidang Advokasi, Penggerakan dan Informasi (ADPIN) BKKBN RI Sukaryo Teguh Santoso didampingi Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalsel Ramlan dan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Kalsel Nurul Fajar Desira. Penyerahan piagam penghargaan tersebut saat dibukanya Rapat Penelaahan (Reviu) Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) dan Percepatan Penurunan Stunting Provinsi Kalsel Tahun 2023, di Hotel Grand Qin, Banjarbaru Rabu (18/10/2023) pagi.

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Banjar H Masruri beserta sejumlah pengurus dan kafilah silaturahmi dengan Bupati Banjar, di Mahligai Sultan Adam lantai 1 Martapura, Selasa (24/10/2023) siang. Silaturahmi tersebut sekaligus pelepasan kafilah Provinsi Kalimantan Selatan asal Kabupaten Banjar untuk mengikuti Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) Nasional XXVII tahun 2023 di Provinsi Jambi. Bupati Banjar H Saidi Mansyur berpesan agar seluruh kafilah tetap semangat mengikuti lomba, serta mampu menjaga kesehatan dengan baik sehingga bisa tampil maksimal.

Pemerintah Kabupaten Banjar mengapresiasi jajaran Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Banjar atas terlaksananya area Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dalam memberikan pelayanan publik yang lebih baik. Hal tersebut disampaikan Bupati Banjar H Saidi Mansyur saat soft launching dan syukuran area PTSP di Kantor Kejari, Kamis (26/10/2023) pagi. Saidi Mansyur mengatakan, Pemkab Banjar mendukung jajaran kejaksaan dalam memberikan pelayanan yang cepat, mudah, transparan, terukur sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

November

Pemerintah Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan raih penghargaan nasional berupa Insentif Fiskal Kinerja kategori Upaya Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem oleh Wakil Presiden (Wapres) RI KH Ma’ruf Amin. Penghargaan tersebut diterima Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyie, saat Rapat Koordinasi Nasional dan Penyerahan Insentif Fiskal Kategori Kinerja Penghapusan Kemiskinan Ekstrem Tahun Berjalan 2023, di Istana Wakil Presiden, Kamis (9/11/2023) pagi. Konsistensi penajaman program dan keberpihakan anggaran untuk menghapus kemiskinan ekstrem harus terus dimaksimalkan.

Kabupaten Banjar kembali menoreh prestasi di tingkat nasional. Kali ini Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) kembali berhasil mendapatkan Penghargaan  Perlindungan Konsumen Tahun 2023 untuk Kategori Pasar Tertib Ukur. Penghargaan diserahkan oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan diterima Kepala DKUMPP Kabupaten Banjar Kencana Wati, pada kegiatan Penganugerahan Penghargaan Perlindungan Konsumen, di Grand Central Hotel Bandung, Jawa Barat, Jumat (10/11/2023) siang. Penganugerahan ini adalah yang ke 7 kalinya diterima Kabupaten Banjar yang merupakan apresiasi dari Kementerian Perdagangan RI untuk kabupaten/kota yang mampu meningkatkan citra daerah melalui komitmen tinggi dalam melindungi kepentingan konsumen. Pelaku usaha dan Pasar Niaga Martapura Kabupaten Banjar telah berhasil menjadi percontohan tingkat nasional.

Ibu Negara Iriana Joko Widodo didampingi Mendikbud Ristek, Nadiem Anwar Makarim baru-baru tadi serahkan penghargaan tertinggi yakni Terbaik I Wiyata Dharma Utama kepada Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas, pada Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional, di Jakarta. Penghargaan ini tidak semua daerah meraihnya, bahkan di Kalsel, hanya Bunda PAUD Banjar Nurgita Tiyas yang meraihnya. Begitu juga secara nasionbal cuma beberapa kabupaten/kota saja yang berhak memperolehnya langsung dari Pemerintah RI diwakili Ibu Negara Iriana Jokowi. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar, Liana Penny, Senin (13/11/2023) tadi  mengatakan, penghargaan tersebut diterima lantaran peran Bunda PAUD Kabupaten Banjar, Hj Nurgita Tiyas dalam menggalakkan pelaksanaan masa transisi PAUD ke SD yang menyenangkan.

Kelurahan Mandarsari, Kecamatan Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan raih penghargaan tingkat nasional, yakni penghargaan Bebas Stunting 2023 Senin (13/11/2023) lalu. Penghargaan tersebut diberikan kepada 20 desa/kelurahan dari berbagai provinsi di Indonesia yang memiliki inovasi percepatan penurunan stunting dan dinyatakan bebas stunting.

Kementerian Dalam Negeri berikan penghargaan Sertifikat Maturitas Pelayanan Perkotaan kepada 31 kepala daerah kabupaten/kota di Indonesia. Sertifikat tersebut juga diterima oleh Bupati Banjar H Saidi Mansyur yang diserahkan oleh Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri Syafrizal ZA, saat kegiatan Diseminasi Peraturan Pemerintah Tentang Perkotaan, di Hotel Royal Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (28/11/2023) pagi. Penganugerahan Maturitas Pelayanan Perkotaan tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 600.3-486 tahun 2023. Dimana Pemerintah Kabupaten Banjar dengan penerapan Smart City yang dimulai sejak tahun 2019 lalu, diakui tingkat kematangan atau pemenuhan standar kota cerdas sesuai SNI perkotaan cerdas. Hanya Kabupaten Banjar dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan dari 13 kabupaten/kota se-Kalimantan Selatan yang menerima penghargaan tersebut.

Desember

Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyi menerima Daftar Alokasi Transfer ke Daerah Tahun Anggaran 2024, di Gedung Idham Chalid Perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Jumat (1/12/2023) pagi. Daftar Alokasi Transfer tersebut diserahkan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor kepada 13 kabupaten/kota se Provinsi Kalimantan Selatan. Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau akrab disapa Paman Birin mengatakan, APBN 2024 untuk Kalsel terdiri dari Dipa Kementrian/ lembaga sebesar 8,69 triliun  serta Dana Transfer ke Daerah sebesar 29,09 triliun. Kabupaten Banjar sendiri menerima alokasi transfer ke daerah (TKD) tahun anggaran 2024 sebesar Rp2,18 triliun. (*)





Komentar