Laporan Keuangan Diperhatikan

Wabup Banjar Habib Idrus menyerahkan bantuan kursi roda 


MARTAPURA - Semua SOPD diimbau memperhatikan progres program kerja juga pembukuan keuangan mengingat sudah menjelang akhir tahun anggaran 2023.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Banjar, Zulyadaini yang bertindak mewakili Bupati Banjar Saidi Mansyur dalam apel gabungan Senin di halaman Kantor Bupati Banjar, Jl A Yani Martapura, Senin (11/9/2023).

"Memasuki akhir triwulan kedua September 2023 ini berarti akhir tahun makin dekat. Minggu kemarin APBD Perubahan sudah selesai, bila tiga hari setelah 25 September berarti efektif tiga bulan. Kami mengimbau mulai sekarang agar kasubag keuangan dan bendahara tiap SOPD agar merapikan pembukuan. Begitu juga untuk penyelesaian program kegiatan bisa dilakukan percepatan," ungkapnya.

Intinya, sedari sekarang SOPD mulai mempersiapkan pembukuan dan agar memacu percepatan penyelesaian program kerja. "Coba lakukan evaluasi dengan mengadakan rapat setidaknya setengah bulan sekali. Sebab jangan lagi akhir tahun justru bemalaman hari mencocokkan menclose kan angka. Nah ini harus dihindari," sarannya.

Menururtnya, hal itu demi.perbaikan kemajuan pembangunan daerah kita Kabupaten Banjar, sehingga ada tertib administrasi dalam pengelolaan keuangan maupun program.

Sementara itu, Wabup Banjar Habib Idrus Al Habsyie didampingi Sekda Banjar HM Hilman menyerahkan berbagai penghargaan termasuk juga sejumlah bantuan secara simbolis kepada masyarakat. 

Penyerahan Piagam Penghargaan dari Arsip Nasional RI Kepada Pemkab Banjar sebagai Pemda yang telah berhasil menerapkan Sistem Pemda Berbasis Elektronik melalui aplikasi Srikandi pada seluruh organisasi perangkat daerah.

Juga penyerahan Trophy Juara Umum Gema Al-Qur'an se-Kalimantan Selatan, di Kabupaten Tanah Laut, Tahun 2023, penyerahan bantuan pangan beras Bulog Kanwil Kalsel, penyerahan bantuan alat bantu berjalan (kursi roda) bagi penyandang disabilitas di Kabupaten Banjar Tahun 2023, penandatanganan perjanjian kerjasama tentang pemanfaatan data kependudukan berbasis NIK antara Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banjar dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Banjar, Dinas Pertanian Kabupaten Banjar dan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Banjar.

Kemudian Wabup juga menyaksikan penandatanganan perjanjian kerjasama tentang penerbitan Akta Kelahiran di fasilitas kesehatan antara Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banjar dengan UPTD Puskesmas Sungai Tabuk 1, UPTD Puskesmas Sungai Tabuk 2, UPTD Puskesmas Sungai tabuk 3, UPTD Puskesmas Martapura 2, UPTD Puskesmas Martapura Timur, UPTD Puskesmas Martapura Barat, UPTD Puskesmas Astambul dan UPTD Puskesmas Paramasan.

Apel diikui pejabat Eselon II, Eselon III dan pejabat Eselon IV.

Komentar