Mudik Utamakan Keselamatan




MARTAPURA - Jelang pelaksanaan Operasi Kepolisian Terpusat "Ketupat Intan - 2023" yang akan digelar selama 14 hari terhitung mulai tanggal 18 April 2023 sampai dengan tanggal 1 Mei 2023 Kepolisian Resor Banjar Polda Kalsel melaksanakan persiapan persiapan antara lain Rapat Koordinasi antar Instansi terkait yang dilaksanakan Jumat (14/04/2023).

Rapat usai pelaksanaan Lat Pra Ops Kepolisian Terpusat "Ketupat Intan - 2023" dipimpin oleh Wakapolres Banjar Kompol Boma Wedhayanto Purnomo SE SIK bertempat di Aula Sarja Arya Racana Polres Banjar. Sebagai tanda kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat Intan - 2023 selanjutnya akan dilaksanakan Apel Gelar Pasukan pada hari Senin (17/04/2023) bertempat di lapangan apel Polres Banjar Polda Kalsel.

Dalam rangka mengantisipasi situasi Kamtibmas khususnya jelang, saat dan setelah perayaan lebaran Idul Fitri 1444 H / 2023 M, serta terlaksananya Mudik bagi Pemudik yang Aman, Nyaman dan Berkesan Polres Banjar Polda Kalsel menyiapkan lokasi Res Area bagi pemudik untuk istirahat, yakni Pos Yan merupakan Pos Pelayanan terletak di jalan A Yani Km 14 Kecamatan Gambut dan Pos Pam di Jalan A. Yani Km 49 Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar.


Pada kesempatan ini Kapolres Banjar AKBP M. Ifan Hariyat Taufik SH SIK MH melalui Kasihumas Polres Banjar AKP H Suwarji SE MM mengatakan bahwa tujuan dari pada pelaksanaan Operasi Ketupat Intan - 2023 yakni terjaminnya rasa aman masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa dan merayakan Idul Fitri 1444 H, terwujudnya keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar Lantas). 

"Kemudian terwujudnya arus mudik/balik yang lancar, serta menurunnya jumlah pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta fatalitas korban kecelakaan lalu lintas," jelasnya.

Terkait kuat personil Ops Ketupat Intan - 2023 sebanyak 160 personil terdiri dari 88 personil Polri, 12 personil TNI, 12 personil Satpol PP, 12 personil BPBD, 12 personil Dinkes Kabupaten Banjar, 12 personil Pemadam Kebakaran, dan 12 personil Dishub Kabupaten Banjar. Adapun yang bertugas di Pos Yan dan Pos Pam Ops Ketupat Intan - 2023 personil Polri sebanyak 32 orang dan personil dari instansi terkait sebanyak 24 orang. 

Kasihumas Polres Banjar yang akrab di sapa Bang Aji ini juga menjelaskan dimana aja lokasi rawan Laka Lantas sedikitnya ada 7 titik lokasi rawan kecelakaan lalu lintas di wilayah Kab. Banjar, yakni di jalan Gubernur Soebardjo kerawanan pada jalan lurus dua arah, arus padat, minim rambu-rambu petunjuk dan sangat minim lampu penerangan jalan. Kemudian di jalan Gubernur Syarkawi kerawanan sama dengan di jalan Gubernur Soebardjo, selanjutnya di jalan Martapura Lama kerawanan pada jalan sempit dan menyempit, arus lalin padat, pengguna jalan tidak tertib serta lampu penerangan jalan minim. 

Lokasi rawan Laka Lantas berikutnya di jalan A. Yani Km 40 - Km 56 kerawanan pada jalan sempit, pengguna jalan tidak tertib/kurang hati-hati saat menyeberang dan setelah dari sungai, rumah penduduk terlalu dekat dengan jalan raya, serta lampu penerangan jalan minim. Jalan rawan selanjutnya di jalan A. Yani Km 8 - 14 kerawanan pada rambu-rambu minim, utamanya rambu perputaran arah. Kemudian di Jalan A. Yani Km 63 Kecamatan Mataraman kerawanan pada tikungan tajam, rambu-rambu petunjuk minim dan lampu penerangan jalan kurang. 

Lokasi rawan Laka Lantas terakhir di jalan A. Yani Km 75 Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Banjar, kerawanan pada pengguna jalan tidak tertib, pejalan kaki/penyeberang jalan tidak hati-hati, lampu penerangan jalan kurang.

Langkah-Langkah yang sudah dilakukan Polres Banjar koordinasi dengan instansi terkait, agar melengkapi fasilitas jalan umum tersebut guna terciptanya Kamseltibcarlantas, dalam hal ini Dinas Perhubungan Banjar dan PLN.

Imbauan disampaikan kepada masyarakat yang akan melaksanakan mudik lebaran, agar sebelum berangkat pastikan kondisi badan sehat, cek kendaraan pastikan layak untuk dikendarai, taati aturan berlalu lintas, bila lelah atau mengantuk jangan memaksakan diri berkendara tapi carilah tempat istirahat yang aman dan nyaman di res area yang telah disediakan pemerintah/kepolisian, dan cek juga kelengkapan surat-menyurat atau identitas diri, serta pastikan sebelum ditinggal semua peralatan listrik dan ledeng off dan pintu serta jendela rumah sudah terkunci. 

"Semoga perjalanan mudik aman, nyaman dan berkesan," pungkasnya. (humpolresbjr)

Komentar