Indonesia/Jepang Maju ke Babak 3 Australia Open

 

Aldila Sutjiadi

ALDILA Sutjiadi dan pasangan Miyo Kato melawan Bouzkova/Osorio di Melbourne 6-3 6-7(4) 6-3, Jumat (20/1/2023).



Set pertama, Aldila/Kato mencoba tampil menekan dan tak membiarkan lawannya berkembang, sehingga bisa menang mudah 6-3.

Di set kedua, Bouzkova/Osorio dari Ceko dan Kolombia ini mulai tampil pede, sehingga menyulitkan Aldila/Kato. Sejumlah servis Kato bisa dipatahkan lawan, sehingga skor selalu unggul Bouzkova/Osorio.

Hampir saja servis Al patah, pada gim 9 kedudukan 0-40, hingga Kato sempat sedikit frustrasi membanting raket. Beruntung berkat ketenangan Dila, skor bisa sama 5-5. Set kedua masih aman.
 
Gim 11 set kedua menjadi milik Bouzkova/Osorio. Kedudukan 5-6. Ini menegangkan karena servis berada di tangan Miyo yang sebelumnya kerap gagal poin.

Tak gagal Kato, sehingga memaksa set kedua berjalan tie break. Dua kali unforce error Dila membuat set kedua milik lawan. Pertandingan harus berjalan 3 set.

Set ketiga, Dila ketinggalan 1-2, lagi-lagi servis Kato di break. Namun Dila/Kato juga berhasil break sehingga skor 2-2.

Bermain konstan Dila/Kato terus melaju hingga 5-2. Di gim 8 terjadi bolak-balik deuce. Akhirnya skor berubah 5-3 masih keunggulan Aldila cs. Giliran Dila pegang servis.

Lawan tidak mudah menyerah. Sempat dua kali match point. Posisi match point ketiga, tembakan backhand Dila gagal dikembalikan sempurna lawan dan Indonesia-Jepang menang.

Mereka yang diunggulkan di posisi 16, berhasil maju ke babak ketiga (16 besar).

Keduanya dijadwalkan akan menghadapi pemenang antara Wang Xinyu/Uchijima Moyuka (China/Jepang) versus Jessica Pegula/Coco Gauff (Amerika Serikat) yang diunggulkan di tempat kedua. (ap)





Komentar