Jabar Juara Umum PON XX Papua

Karateka Jabar juara umum cabor karate. Kontingen Jabar pun juara umum PON XX.



PROVINSI Jawa Barat telah mengamankan status juara umum pada perhelatan PON XX Papua 2021. Menurut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil PON tak hanya soal kompetisi antaratlet, namun menjadi ruang persaudaraan dan persatuan. 

"Jika motto olimpiade itu adalah tercepat, tertinggi dan terkuat. Bagi saya PON lebih dari itu, PON tentang ruang persaudaraan dan persatuan," ujar Emil, sapaan akrabnya, di Bandung, Kamis (14/10/2021) malam. Ia mengatakan, capaian ini merupakan bentuk totalitas dan rasa cinta para atlet kepada tanah Jawa Barat. "Ini hasil dari keringat, tangis dan darah, buah dari kerja keras, ketekunan dan kedisplinan serta kerja sama seluruh stakeholder olahraga di Jawa Barat. Ini bukan sekedar prestasi medali, namun bukti cinta para atlet kepada Jawa Barat," paparnya. 

Keberhasilan Jabar menyabet juara umum sekaligus menghentikan penantian 70 tahun juara berturut-turut. Terakhir kali Jabar mengawinkan gelar juara terjadi pada PON 1951-1953. "Hasil ini merupakan perjuangan dan kerja keras yang luar biasa dari atlet, pelatih, tim dan keluarga," jelasnya. 

Capaian tersebut sekaligus mempertahankan status juara umum sebelumnya yang diraih pada PON XIX 2016. Berdasarkan situs resmi KONI Jabar pada Kamis (14/10/2021) Jabar memuncaki klasemen perolehan medali dengan mengemas 132 emas, 97 perak, 114 perunggu. Perolehan itu sudah tidak dapat dikejar oleh Jawa Timur yang berada di posisi kedua dengan rangkuman 108 emas, 87 perak, dan 81 perunggu. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) yang juga Chief de Mission Kontingen PON Jabar, Setiawan Wangsaatmaja, mengapreasi perjuangan para atlet untuk tampil maksimal dan mengharumkan nama Jabar. "Atlet adalah tumpuan harapan, penyemangat bagi masyarakat Jawa Barat. Sekaligus sebagai pahlawan daerah karena berhasil menorehkan prestasi terbaiknya di masa pandemi," kata Setiawan di Jayapura dalam keterangan tertulisnya, Kamis (14/10/2021). (kompas)

Komentar