Guru Sekumpul Ulama Paling Lembut




SYAIKH Zaini Ghani atau Abah Guru sekumpul (wafat 2005) adalah sosok ulama yang menyejukkan lagi tawadhu.

"Saya pernah ketemu banyak ulama namun tak ada yang lembut lagi rendah hati seperti Guru Sekumpul," ujar Dokter Hugo, Sabtu (14/8/2021).

Ia sangat mengetahui karena pada 30 tahunan lalu, guru-guru di Bumi Serambi Mekkah mendapat fasilitas perhatian dari pemerintah setempat untuk dicek kesehatannya secara rutin.

"Kerap berinteraksi dengan guru-guru dan memang saya akui tak ada yang lebih menyejukkan selain beliau. Beliau tak pernah keluarkan stetmen yang bikin panas suasana," cetus dr Hugo.

Bahkan Guru Sekumpul sangat pemurah. "RSUD Ratu Zalecha (Martapura Kalsel) dulu tak punya alat cuci darah, beliau lah yang membelikan alatnya lalu dihibahkan secara cuma-cuma ke rumah sakit," tuturnya.

Ada pengalaman unik tenaga kesehatan lainnya Lukman yang pernah berkisah ke dr Hugo. Lukman ini adalah kawan dr Hugo. Ia sempat bertamu ke Sekumpul dengan seorang guru SMP.

"Lukman sama temannya itu bertamu. Namun Lukman bingung begitu di depan pintu, Guru Sekumpul menyuruh teman Lukman agar berwudhu dahulu karena kotor, sedangkan Lukman tidak disuruh demikian," kisah Hugo.

Belakangan baru Lukman mengetahui kalau si teman itu beberapa waktu lalu tidak bertanggung jawab sudah menghamili gadis salah satu muridnya sendiri di Kecamatan Pengaron. 

"Padahal soal itu saya yakin tak ada yang mengetahui kecuali keluarga dekat si gadis dan teman Lukman itu sendiri," kata dr Hugo dengan wajah kagum.

Komentar