Jurnalis Banjar Turut Tes Swab


MARTAPURA - Para jurnalis di Kabupaten Banjar termasuk terdepan dalam mensosialisasikan protokol Covid-19 hingga sukarela ikut tes swab massal yang dilaksanakan di Labkesda Dinas Kesehatan Banjar, Kamis (13/8/2020).

Tentu saja ini sebagai upaya memutus rantai penyebaran virus Corona Covid-19. Terlebih mobilitas wartawan cukup tinggi dan sering berinteraksi dengan masyarakat hingga pejabat. 

"Pemkab Banjar ingin memastikan kondisi kesehatan kawan-kawan jurnalis. Mereka juga akan lebih tenang dalam bertugas," M Hamdani, Kasi Pengelolaan Media Informasi dan Komunikasi Publik, Diskominfo, Statistik, dan Persandian Banjar. 

Ia mengakui tidak semua wartawan bersedia menjalani swab tes. "Kita sudah mengimbau agar semua ikut, tapi sebagian mengaku sudah swab di Banjarbaru," bebernya.

Untuk hasil swab hari ini diperkirakan keluar sekitar dua  hari. "Kalau pengalaman kemarin dua hari. Hari Jumat lah kira-kira nanti," tuturnya. 

Hamdani berharap negatif semuanya. Jika pun ada yang positif, agar dapat menjalani karantina mandiri atau di Guest House Sultan Sulaiman.

Selain jurnalis ratusan lainnya dari instansi BPBD, Damkar, dan lain-lain. Kabupaten Banjar ikut tes massal yang diprakarsai Pemprov Kalsel sebanyak 10.000. Selain mengambil sampel lendir di tenggorokan, juga lendir di dalam hidung dengan cara memasukkan alat seperti korek telinga.

 

Komentar