Nadal Ukir Grand Slam ke-19 Setelah Juarai AS Terbuka 2019



NEW YORK - Rafael Nadal benar-benar memenuhi ambisinya untuk menjuarai Grand Slam Amerika Serikat Terbuka setelah pada Minggu (8/9/2019) malam waktu New York menumbangkan Daniil Medvedev
7-5 6-3 5-7 4-6 6-4.

Medvedev yang baru pertama kali tampil di final Grand Slam tidak bisa berbuat banyak menghadapi keganasan Nadal, meski pertandingan berlangsung alot dan memakan waktu tiga jam lebih.

set pertama, unggulan kedua ini bermain spartan. Kejar-kejaran poin terjadi, namun Daniil Medvedev praktis hanya mampu membayangi sampai skor 5-5. Di game ke-12 Nadal berhasil break dan menutup set pertama dengan skor 7-5.

Di set kedua, unggulan kelima asal Rusia sepertinya terlalu lesu untuk bisa menyamakan level permainan dengan Nadal, karena sejumlah servisnya berhasil dibreak Nadal. Petenis Spanyol ini bahkan dengan cepat menutup set kedua ini dengan kemenangan telak 6-3.

Memasuki set ketiga sepertinya Medvedev punya harapan untuk mengejar ketertinggalan. Ia berhasil break di game ke-6 set ketiga untuk menyamakan skor 3-3. Medvedev mulai bermain taktis dengan sesekali melancarkan dropshot dan berhasil. Kini kali pertama, ia bisa berbalik unggul 4-3.

Servis Nadal di game ke-8 tak berhasil dipatahkan sehingga skor kembali imbang 4-4. Bahkan kembali Medvedev mengalami kesulitan. Sempat terjadi reli-reli panjang dan hampir Nadal melakukan break. Namun setelah tiga kali deuce, Medvedev berhasil mengamankan servisnya dan kini unggul 5-4.

Namun Nadal tak banyak membuang kesempatan dan juga mengamankan servisnya untuk menyamakan skor menjadi 5-5. Namun sejumlah service ace Medvedev berhasil meninggalkan 
Nadal menjadi 6-5.

Pertandingan harus dilanjutkan 4 set setelah set ketiga direbut Medvedev setelah ia berhasil break untuk unggul 7-5.  Set keempat juga berlangsung ketat. Saling kejar skor terjadi. Kali ini Medvedev yang ganti memimpin. Masing-masing mampu memanfaatkan servisnya dengan baik. Sampai paruh set keempat Medvedev unggul 3-2. Terus menjadi 4-3, 5-4. Kemudian sebuah break di game ke-10 membuat Medvedev unggul 6-4 dan memaksa pertandingan harus disudahi dalam lima set.

Set kelima Nadal coba mengambil kendali dan berhasil pada game ke-5 melakukan break sekaligus memimpin 3-2, selanjutnya 4-2. Lagi-lagi Medvedev seperti kurang motivasi dan kehilangan servisnya sehingga tertinggal 2-5, dan Nadal memimpin. Servis Nadal di game ke-8 set penentuan sepertinya akan mengakhiri pertandingan, namun Medvedev berhasil break dan merubah skor menjadi 3-5 masih untuk Nadal. 

Game ke-9, Nadal memperoleh match point dua kali namun dipaksa dua kali deuce. Namun sekali lagi, Medvedev berhasil mengamankan servisnya dan merubah skor menjadi 4-5. Nadal tidak ingin menyia-nyiakan servisnya, dan berhasil menydahi set kelima dengan skor 6-4 atau kedudukan akhir menjadi 3-2 untuk gladiator ulung ini.

Nadal dengan menjuarai AS Terbuka 2019 ini berarti sudah mengoleksi 19 gelar Grand Slam, 1 Australia Terbuka, 12 Roland Garros, 2 Wimbledon dan 4 AS Terbuka. 

Komentar