Adipura Diarak Keliling Kota



MARTAPURA - Keberhasilan Kota Martapura, Kabupaten Banjar meraih Adipura yang ketujuhkalinya secara berturut-turut, tentu sangat membanggakan bagi Pemkab Banjar, dan juga masyarakatnya. Sehingga, Piala Adipura 2018 pun diarak keliling Kota Martapura, mulai Stadion Demang Lehman, Indrasari, hingga berakhir di Alun-alun Ratu Zalecha, Martapura, Kamis (17/1).


Arak-arakan terdiri dari puluhan mobil yang diikuti peserta perwakilan dari sekolah-sekolah peraih Adiwiyata, serta leading sector Dinas Lingkungan Hidup (LH). Adapun pialanya dipegang oleh Nanang Galuh Banjar 2018 yang berdiri di bak terbuka. Warga juga pelajar antusias menyambut arak-arakan. Merak melambai-lambaikan bendera merah putih tanda sukacita atas keberhasilan Kabupaten Banjar meraih Adipura yang tidak semua kota bisa meraihnya. Ini adalah penghargaan tertinggi pemerintah pusat terhadap kota yang berkomitmen bagus menjaga kebersihan dan memelihara lingkungannya.

Bupati Banjar H Khalilurrahman dalam sambutannya mengatakan, Piala Adipura yang ia terima dari Wapres Jusuf Kalla, beberapa hari lalu di Jakarta merupakan buah kerja keras dan kerja sama dari semua pihak, baik pemerintah, perusahaan daerah, maupun warga masyarakat, khususnya, Pasukan Kuning. "Maka dari itu saya berterima kasih kepada semua pihak, khususnya, Pasukan Kuning. Hidup Pasukan Kuning," ujar Guru Khalil seraya disambut tepuk tangan hadirin.

Sementara, Kadis LH Banjar Boyke Wahyu Triesetyanto mengakui bahwa di tengah semakin tingginya standar penilaian, Martapura masih bisa meraih Adipura, sehingga hal itu patut sangat disyukuri. "Tak kalah penting tentunya, komitmen kita untuk menjaga prestasi ini dengan terus bekerja sama. Untuk penghargaan tertinggi Adipura Kencana cuma diraih Surabaya, bahkan Balikpapan pun gagal. Ini berkait dengan aplikasi Smart City yang sudah jalan dengan baik di Surabaya. Mudah-mudahan, ke depan, Smart City bisa kita realisasikan," harapnya.

Sementara Kadiskominfo Banjar Farid Soufyan mengakui Smart City masih belum bisa direaliasikan karena belum lengkap. "Akses CCTV dan pengaduan masyarakat bisa langsung konek di aplikasi perlu untuk disempurnakan, Semoga saja 2019 ini bisa kita tuntaskan," cetus Farid.

Sebelumnya, Bupati Banjar bersama Forkopimda, pejabat terkait dan perwakilan anak peraih Adiwiyata, yakni dari SDN 1 Keraton Martapura, dan SD Mitra Kasih Kertak Hanyar bersama-sama mendeklarasikan Janji Adipura di Tugu Adipura, Sungai Pering, Martapura. adi

Komentar

Advertorial Post