Turdes di Tanah Bumbu Paman Birin dan Acil Odah Bagikan Paket Lumbung Sosial Hingga Gelar Sunatan Massal



TANAH BUMBU—Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor atau Paman Birin bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kalsel Hj. Randatul Jannah atau Acil Odah itu turut membuka acara dalam rangkaian kegiatan Turdes 2024 “Menembus Batas Ke-10”  di Gedung Auditorium 7 Februari, Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu pada Senin (1/7/2024) malam.

Kehadiran Paman Birin dan Acil Odah pun disambut antusias warga yang sejak sore menantikan kedatangan rombongan turdes ini.

Berbagai kegiatan pun digelar mulai dari sunatan massal yang diikuti sebanyak 27 anak laki-laki dengan usia sekitar 7-11 tahun.

Selain itu juga ada sosialisasi pemutihan pajak dan pemberian makanan tambahan (PMT) oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel.

Paman Birin didampingi Acil Odah juga juga melakukan pembagian paket lumbung sosial, hibah uang kegiatan peningkatan sarana-prasarana kawasan pedesaan, peningkatan badan jalan dan jembatan ruas desa maju mulyo melalui pola karya bakti TNI.

Rangkaian kegiatan ini, Paman Birin bersama Acil Odah serta Paman Yani juga melakukan sejumlah penanaman pohon di samping Gedung 7 Februari tersebut.

Di sana juga diberikan pelayanan Penduduk Catatan Sipil (Dukcapil) dalam rangka upaya aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD), serta penyerahan baperstock untuk penguatan logistik kebencanaan, bantuan untuk anak sekolah, pembagian bendera merah putih, paket peternakan dan perkebunan, bantuan APAR dan kotak P3K, serta bantuan sarana usaha bagi 30 KK Transmigrasi.

“Alhamdulillah, kami dalam perjalanan turdes menembus batas ke-10. Malam ini tiba di Kabupaten Tanah Bumbu, tepatnya di Kecamatan Pagatan. Kotanya sangat indah sekali,” ucap Paman Birin.

Karena, Paman Birin selalu rindu ingin menikmati makanan ringan khas Pagatan yaitu pisang gapit.

Diakuinya tiap kali berkunjung ke Tanah Bumbu, selalu saja ingin singgah di tepian Pantai Pagatan.

Dalam kesempatan itu, Paman Birin mengungkap kehadirannya bersama Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalsel Hj Raudatul Jannah atau diartikan sebagai taman surga.

“Dan saya hormati Paman Yani serta kehadiran Bapak Lanud Syamsuddin Noor. Pertemuan ini bersama warga Tanah Bumbu, senantiasa kita wujudkan pembangunan daerah yang maju,” ungkapnya.

Paman Birin menjelaskan, selama ini Pemprov Kalsel terus mendorong pembangunan jalan alternatif antara Banjarbaru-Batulicin. Bahkan ke depan, pihaknya ingin merealisasikan jembatan penghubung Pulau Laut.

“Semoga, doakan tahun depan dapat terealisasi dengan anggaran 1 triliun. Kita majukan Tanah Bumbu menjadi daerah yang berkembang,” harap Paman Birin.

Adapun warga asal Desa Beringin, Johansyah (33), Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan Pemerintah Desa Beringin tengah menerima paket bendera merah putih untuk nantinya akan dibagikan ke warga setempatnya.

Hal itu, diakuinya dalam rangka persiapan 17 Agustus mendatang.

“Ini rencananya untuk dibagikan ke warga saat 17 Agustusan. Ya, pastinya ini sangat meringankan warga setempat,” ungkap Johansyah.

Johansyah mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Kalsel. Walau tidak banyak, menurutnya sudah cukup membantu dalam memeriahkan hari kemerdekaan RI nanti.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Komandan Lanud Syamsuddin Noor Kolonel Pnb Sri Raharjo, Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel Muhammad Yani Helmi (Paman Yani), Pimpinan Anak Cabang Satui (PACS) Laung Kuning Banjar Tanbu, Fordayak Tanbu, FKPPI Tanbu dan masyarakat setempat. (adpim/kalselprov)

Komentar