Hari ke-4, Turdes Paman Birin dan Acil Odah Disambut Warga HST di Bumi Murakata





HULU SUNGAI TENGAH—Memasuki hari ke-4 turun ke desa (Turdes) Menembus Batas ke-10, rombongan yang dipimpin Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin dan Hj. Raudatul Jannah atau Acil Odah tiba di halaman Puskesmas Barabai, Desa Awang Besar, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) pada Kamis (4/7/2024) pagi.

Sejumlah anak mengibarkan bendera merah putih oleh anak-anak SD, Paman Birin disambut meriah oleh warga setempat. Mulai dari anak pramuka, siswi SMAN 1 Barabai, Pembakal, ibu PKK hingga Forum Anak Daerah (FAD) Kota Barabai berjejer di jalan.

Setibanya di acara lokasi, Bupati HST Aulia Oktafiandi menyambut rombongan Gubernur Paman Birin dan Acil Odah langsung melakukan penanaman pohon dan peninjauan sunatan massal.

Dan kegiatan itu juga menyediakan pelayanan kesehatan dan layanan identitas kependudukan digital oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan. Meninjau langsung Puskesmas Awang Besar, Paman Birin melihat warga tengah cek darah dan pemberian makanan tambahan (PMT) di ruang Sanitasi Lingkungan.

Pembukaan acara dimulai dengan Tari Kreasi Tapung Tawar oleh kelima penari perempuan dari Sanggar Gandewa Student Art Murakata, Paman Birin didampingi Ketua TP PKK Provinsi Kalsel Hj Raudatul Jannah atau Acil Odah beserta sejumlah kepala SKPD Kalsel dan para rider yang datang.

Dalam sambutannya, Paman Birin menceritakan bahwa perjalanannya dari Tanah Laut, Tanah Bumbu, Kotabaru dan memasuki daerah Paramasan yang kemudian menginap di Desa Gunung Batu, Sambung Makmur, Kabupaten Banjar. Akhirnya tim rombongan Gubernur Kalsel tiba pada pagi ini di Desa Awang Besar, Kabupaten HST.

“Bupati dan warga HST sekalian yang kami hormati. Kami rombongan tiba di Desa Awang Besar, sebelumnya dengan Acil Odah memasuki Desa Teluk Aru di wilayah paling ujung Kotabaru. Sementara tadi malam, Paman bersama rombongan tengah guringan di pedalaman Desa Gunung Batu. Saking nyamannya kami guringan, kawasan hutan dengan suhu alamnya begitu syahdu,” ungkap Paman Birin dihadapan warga HST.

Kemudian, Paman Birin menanggapi kedekatan dirinya dengan Bupati HST, Aulia Oktafiandi karena sang isterinya, Cheri Bayuni Budjang merupakan sebagai ponakannya sendiri.

Ikatan keluarga dengan isteri Bupati HST, Paman Birin mengaku dengan sosok ayahnya merupakan teman cs atau sahabat sejatinya. Dan Gubernur Kalsel bersyukur melihat kesuksesan anak kamanakannya kini besar di Bumi Murakata.

“Namun yang jelas bahwa Bapak Bupati HST, bininya itu adalah anak kamanakan ulun. Inya kada suah merengek atau minta apa-apa, semasa pendidikannya itu diperhatikan selalu dan ternyata sukses, belaki dengan seorang bupati yang gagah,” kisahnya.

Ditengah acara itu, Paman Birin juga mengajak masyarakat HST agar terus bergerak menuju Indonesia Emas atau generasi di tahun 2045, tepat 1 Abad Indonesia. Dan istilah Bergerak, ia menjelaskan berjuang gelorakan rakyat.

“Seperti halnya Bupati HST kita pada pagi ini. Menggelorakan rakyat Hulu Sungai Tengah dan sungguh gagah beliau,” sebut Paman Birin.

Di kesepakatan itu Bupati HST, Aulia Oktafiandi berpantun dihadapan warga Murakata. Sesuai pesan Acil Odah, sang Bupati menyebut harus dijawab dengan keren saja.

“Semangat bertualang dengan motor kesayangan, bersama teman melintasi belantara. Selamat datang Paman Birin dan rombongan, semoga senang di Bumi Murakata,” ucapnya.

Bupati Aulia Oktafiandi mengisahkan sosok mertuanya, ayah dari sang isteri Cheri Bayuni Budjang sangat erat memiliki kedekatan emosional dengan Gubernur Paman Birin.

Sesuai tuturan kisah sang mertua, Bupati Aulia Oktafiandi bahwa isterinya itu telah menganggap layaknya ayah angkat sendiri kepada Paman Birin.

“Amun kaitu, bunda atau Acil Odah ini ibu angkatnya Cheri. Lantas, Paman dan Acil adalah orangtua angkat Bupati HST,” ucapnya tersenyum.

Bupati HST Aulia Oktafiandi melihat sosok kedua pemimpin yakni Paman Birin dan Acil Odah memiliki hati yang tulus kepada warga Murakata. Karena, menurutnya benar-benar bergerak dan turun langsung ke masyarakat setempat.

Sebagaimana mengutip pesan dalam ayat Al-Quran, Bupati HST Aulia Oktafiandi menjelaskan bahwa sebaik-baiknya manusia adalah bermanfaat antar sesama.

“Tidak memandang siapa laki-laki atau perempuan, anak-anak serta tua dan muda. Harus kita bantu, seperti Paman Birin dan Acil Odah datang memberi kebermanfaatan,” pungkasnya.

Bantuan dari Gubernur Kalsel yang diserahkan oleh Ketua TP PKK Kalsel Acil Odah berupa 1 buah kursi roda untuk salah satu anak warga Desa Awang Besar (Salman Al-Madanni bin Jumberi) sebagai penyandang disabilitas.

Selain itu, bantuan dalam bentuk benih karet, pupuk dan herbisida seluas 100 Hektare senilai 746,400,000 dan memberikan 127 buah baju untuk petani HST. (adpim/kalselprov)

Komentar