Generasi Muda Mbua Sambut Antusias Wawasan Kebangsaan Koops Habema



MBUA  – Kegiatan mengamankan wilayah Papua tidak hanya semata Operasi Penindakan oleh Komando Operasi TNI (KOOPS TNI) HABEMA terhadap kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM). Satuan Tugas Batalyon Infanteri (Satgas Yonif) Para Raider 432/Waspada Setia Jaya Kostrad, salah satu Satuan Jajaran KOOPS HABEMA secara kreatif menyebarluaskan Wawasan Kebangsaan kepada Generasi Muda di Kampung Mbuwa, Distrik Mbua, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan. Rabu (26/6/2024).

Kegiatan tersebut dilaksanakan para Prajurit Satgas Yonif 432 Kostrad yang sedang melaksanakan Patroli Pengamanan Wilayah sambil menyempatkan diri bertatap muka dengan beberapa generasi muda yang sedang bercengkerama di dekat lokasi patroli.

Komandan Satgas (Dansatgas) Yonif 432 Kostrad, Letkol Inf Zulfikar Akbar Helmi telah menitipkan pesan kepada para prajurit yang melaksanakan tugas patroli bahwa setiap personel Satgas Yonif 432 Kostrad agar memanfaatkan waktu penugasan untuk hal-hal positif, bukan sekedar melaksanakan tugas pengamanan wilayah saja. Pesan Dansatgas tersebut rupanya langsung dijawab dengan inisiatif dan kreativitas Komandan Patroli yang bertugas, yakni Lettu Inf Nyoman, yang sehari-hari menjabat sebagai Pasilog Satgas.

Ketika berpapasan dengan sekelompok generasi muda di jalur patroli, prajurit Satgas Yonif 432 Kostrad mengajak berkomunikasi dan direspons dengan antusias oleh para generasi muda Mbuwa tersebut. Dalam Komunikasi Sosial (Komsos) tersebut, Lettu Inf Nyoman menyisipkan penyampaian Wawasan Kebangsaan yang bertemakan “Generasi Emas Papua merupakan Tulang Punggung Rakyat Papua Menuju Indonesia Emas 2045”. Mendengar penyampaian tersebut, salah satu generasi muda bernama Keling Tabuni, sempat menyela sambil tertawa, “Semangat Pemuda Papua”.

Dengan respons antusias yang ditunjukkan oleh para generasi muda, Lettu Inf Nyoman juga menyampaikan bahwa Presiden Pertama Republik Indonesia, Bung Karno pernah menyampaikan, “Beri aku sepuluh pemuda, maka kuguncang dunia”. Untuk menegaskan pernyataannya, Lettu Inf Nyoman menjelaskan betapa pentingnya peran pemuda dalam kemajuan Bangsa Indonesia. Baik buruknya Indonesia akan dilihat dari kualitas generasi muda karena para pemuda adalah penerus dan pewaris Bangsa.

Terpisah, Panglima KOOPS HABEMA, Brigjen TNI Lucky Avianto mengapresiasi kreativitas Satgas Yonif 432 Kostrad dengan menyempatkan diri menyampaikan Wawasan Kebangsaan kepada para Pemuda Mbuwa.

"Hal ini merupakan wujud kepedulian TNI terhadap seluruh stakeholder di daerah tugas, yang diharapkan dapat berpartisipasi seluruhnya mendukung upaya percepatan pembangunan di wilayah Papua,” ungkapnya pasca menerima laporan pelaksanaan kegiatan. (Pen Koops Habema)

Komentar