Acil Odah Bangga Produk Lokal Tampil di Even Nasional






BANJARMASIN – Panitia Rapat Kerja Nasional (Rakornas) ke 15 Komisi Informasi (KI) Pusat tahun 2024 yang Digelar di Galaxy Hotel Banjarmasin, Selasa (11/6/2024), juga menyediakan belasan booth untuk usaha kecil menengah dan mikro (UMKM) Banua.

Di tempat yang berada tepat depan pintu masuk ruang Rakornas itu, dijual berbagai produk UMKM seperti kain sasirangan, minuman olahan, madu, snack berbahan pangan lokal, kue kering, dan aneka kerajinan pelaku usaha di Kalsel.

Sebelum prosesi pembukaan Rakornas dilakukan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) RI, Hadi Tjahjanto, Ketua TP PKK Kalsel Hj. Raudatul Jannah atau Acil Odah yang turut hadir menyempatkan mengunjungi stand UMKM.

Acil Odah pun terlihat senang melihat stand UMKM hadir di kegiatan skala nasional seperti Rakornas Komisi Informasi. Selain berinteraksi dengan para pelaku UMKM, Acil Odah pun membeli sejumlah barang dan jualan yang dipajang.

Sembari menunggu sang suami, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin yang turut menghadiri pembukaan Rakornas, Acil Odah berkeliling melihat produk yang dijual sembari berbincang-bincang dengan para penjual.

Tidak sebatas melihat-lihat, Acil Odah yang juga Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel itu pun membeli barang, termasuk beberapa potong pakaian khas Kalsel, lain sasirangan.

Hal itu ujar Acil Odah, sebagai bentuk perhatian dan kepedulian terhadap hadap pelaku usaha di Banua yang perlu disupport dalam mengembangkan usahanya.
Apalagi ujarnya, produk UMKM di Banua memiliki mutu dan kualitas yang sudah baik atau bersaing. Misalnya, aneka makanan yang sudah dipacking dengan kemasan menarik dan aman.

“Alhamdulilah. Kita senang dan berbangga, produk-produk UMKM terus hadir diberbagai event, baik lokal maupun nasional. Kita terus dorong UMKM Banua bertambah maju,” kata Acil Odah.

Kepedulian Acil Odah terhadap UMKM memang kerap ditunjukkannya di berbagai kesempatan saat mendampingi Paman Birin saat bertugas, baik dalam maupun luar daerah.

Bahkan pada bulan Mei lalu, Acil Odah yang juga Ketua Deskranada Kalsel menghadirkan UMKM Banua pada Expo Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) di Pamedan Pura Mangkunegaran, Solo yang dikunjungi istri Presiden Jokowi, Hj. Iriana. (adpim/kalselprov)

Komentar