70 Pembakal Mengikuti Peningkatan Kapasitas

 

KERTAK HANYAR - Sebanyak 70 pambakal dari berbagai kecamatan di Kabupaten Banjar ikuti Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa, yang digelar oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), di Hotel Treepark Kecamatan Kertak Hanyar, Senin (3/6/2024) siang.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur yang membuka kegiatan diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Rakhmat Dhany sangat mengapresiasi kehadiran para pembakal yang telah menyempatkan waktunya untuk mengikuti kegiatan meskipun di desa juga banyak yang harus dikerjakan.

Dirinya mengatakan, peningkatan kapasitas kali ini berbeda dari biasanya, karena akan diberikan materi soft skill atau kemampuan dan pengembangan diri yang akan disampaikan oleh para narasumber secara rinci.

“Kami harapkan untuk dapat mengikuti kegiatan dengan baik, apa saja yang kurang dipahami silahkan diskusikan dengan para narasumber,” ucapnya.

Untuk kemajuan desa, lebih jauh ia berpesan kepada para pambakal untuk bisa meningkatkan kemampuan desa masing-masing. Kembangkan potensi diri dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan desa, percepat pertumbuhan perekonomian, melanjutkan program pembangunan yang belum terlaksana, meningkatkan PAD yang bersumber dari pendapatan yang sah.

Selain itu, menjaga stabilitas dan kondusifitas, menjalin hubungan harmonis dengan lembaga desa termasuk BPD, mengutamakan pengambilan keputusan dengan musyawarah, mengutamakan pendekatan persuasif dengan masyarakat, serta memberikan layanan optimal kepada masyarakat.

“karena pada dasarnya pambakal selaku pimpinan di desa merupakan harapan pertama dan terakhir bagi masyarakat kita,” tutupnya. 

Kegiatan terbagi dalam empat angkatan. Dari 277 desa, masing-masing angkatan I sebanyak 70 pambakal, angkatan II 69, angkatan III 70 dan angkatan IV 68 yang akan berakhir 7 Juni 2024. (banjarkab)

Komentar