Paman Birin Acil Odah Berbagi Kebahagiaan dengan Para Lansia




BANJARMASIN – Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin bersama Hj. Raudatul Jannah atau Acil Odah, Ketua TP PKK Kalsel berbaur bersama para lansia Banua dalam rangka Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-28 diHotel Rattan Inn Banjarmasin, Selasa (28/5/2024).

Bertajuk “Lansia Sehat, Lansia Berdaya, Banua Kuat” peringatan hari lansia ini digelar Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel dan Dinas Sosial ini dalam rangka mendukung program pemerintah pusat yakni lansia terawat, Indonesia bermartabat.

Kehadiran Paman Birin dan Acil Odah pun disambut sukacita dan penuh antusias oleh para lansia.

Diawali dengan penampilan paduan suara atau vokal grup dari para kader lansia yang membawakan lagu Indonesia Raya, Mars Lansia hingga Mars Bergerak. Para lansia tampak energik dan penuh kebahagiaan dalam bernyanyi untuk menghibur seluruh tamu undangan yang hadir.

Gubernur Paman Birin berharap, agar lansia dapat menikmati hari tuanya dengan penuh rasa syukur, kebahagiaan dan keceriaan dalam melanjutkan perjalanan hidup.

“Hari lanjut usia selalu kita peringati setiap tahun dan mendapat perhatian secara khusus, karena bangsa kita adalah bangsa yang sangat menghargai terhadap orang tua. Bangsa Indonesia selalu menekankan dan mengutamakan ikatan kekeluargaan berlandaskan pada nilai-nilai luhur keagamaan dan budaya, yang menghargai peran serta kedudukan lansia dalam keluarga maupun masyarakat,” kata Paman Birin

Dikatakan Paman Birin, masyarakat usia lanjut merupakan kelompok yang perlu diperhatikan secara khusus dan harus memperoleh jaminan dalam pemeliharaan kesehatan dan kesejahteraan.

“Upaya peningkatan kesejahteraan lansia bertujuan untuk memperpanjang usia harapan hidup dan masa produktif, terwujudnya kemandirian dan kesejahteraan usia lanjut, terpeliharanya sistem nilai budaya dan kekerabatan, serta mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa,” ucap Paman Birin.

Untuk itu, Paman Birin mengimbau agar semua pihak baik instansi pemerintah maupun non pemerintah serta seluruh masyarakat, agar memberikan perlindungan terhadap lanjut usia untuk mendapatkan hak-haknya, seperti hak kemandirian, hak berpartisipasi, hak perawatan dan hak harga diri.

“Mari kita sejahterakan dan kita layani lanjut usia dengan sebaik-baiknya, karena ini perbuatan yang mulia. Rawatlah lansia dimanapun mereka berada, dengan perawatan yang sebaik mungkin, baik bagi lansia yang tinggal di lingkungan panti, maupun lansia di lingkungan keluarga kita masing-masing. Dan yang terpenting, para orang tua kita atau lansia mendapatkan kesehatan terutama selalu riang gembira dalam menghadapi usia lanjut,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Provinsi Kalsel, Hj Raudatul Jannah atau Acil Odah mengatakan, rangkaian HLUN ke-28 kali ini diawali dengan senam bersama, pemeriksaan kesehatan tidak menular serta seminar kesehatan.

“Tujuannya adalah para lansia bisa panjang umur, sehat, mandiri dan bahagia. Bagaimanapun juga, mereka pernah muda, wujud perhatian kita terhadap mereka bisa memberikan semangat kepada mereka, apapun itu kita harus memperhatikan dan menyayangi mereka. Intinya, mereka bisa menjadi lansia yang sehat dan terutama bahagia,” jelas Acil Odah.

Sementara itu, salah satu lansia Hj Idah Faridah asal Banjarmasin, menceritakan pengalamannya yang sudah 10 tahun berada di Panti Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (PPRSLU) Budi Sejahtera tersebut.

“Untuk peringatan HLUN ke-28 yang sekarang bisa dikatakan luar biasa, bagus sekali dan sukses dari sebelumnya, lebih asoy lah gitu. Untuk keadaan di panti saya sudah 10 tahun disana, Alhamdulillah enak semua, diperhatikan dan gratis,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut turut diserahkan bantuan sosial dan penghargaan secara simbolis dari Paman Birin dan Acil Odah berupa
souvenir, tongkat tripod, walker serta kursi roda. (adpim/kalselprov)

Komentar