Keamanan Informasi Disosialisasikan DKISP



MARTAPURA - Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banjar melalui Bidang Statistik dan Persandian menggelar Sosialisasi Kompetensi Keamanan Informasi dengan Tema “Peningkatan Security Awareness dalam Pengamanan Informasi Lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar”, di Aula Kesbangpol Kabupaten Banjar, Selasa (30/4/2024) pagi.

Kepala DKISP Banjar HM Aidil Basith mengatakan, teknologi informasi sekarang ini seperti bermata dua, pada satu sisi bagus untuk kelancaran kegiatan pemerintahan tapi pada satu sisi jika membuat kesalahan tidak mengindahkan aturan dalam penggunaan teknologi informasi maka akan membahayakan.

“Bisa terjadi peretasan oleh orang yang tidak bertanggungjawab, kalau mereka meretas maka akan berbahaya bagi data Kabupaten Banjar baik itu masalah kepegawaian, keuangan dan sebagainya dan akan merugikan,” ucapnya.

Ditambahkan Basith, dengan adanya sosialisasi akan memberikan pencerahan kepada seluruh SKPD sebagai pengguna teknologi informasi, agar bisa menggunakan teknologi informasi dengan aman.

“Dengan metode-metode tata cara yang sesuai dengan peraturan yang kita buat, sehingga keamanan teknologi informasi kita berjalan bagus,” tambahnya.

Basith berharap seluruh peserta sosialisasi dapat memahami terkait peretasan dan penyadapan.

“Kita akan praktik bagaimana cara mengatasinya sehingga akan lebih berhati-hati,” harapnya.

Sosialisasi diisi dengan penyampaian materi dari narasumber, diskusi dan tanya jawab. Menghadirkan narasumber Kepala Bidang Statistik dan Persandian Ali Akbar yang menyampaikan terkait penerapan pengamanan informasi pada sistem elektronik lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar dan Abdul Hafizh dari Dinas Kominfo Provinsi Kalimantan Selatan tentang Peranan Security Awareness dalam Pengelolaan Keamanan SPBE Pemerintah Daerah. (banjarkab)

Komentar