KLA Perlu Data Dukung



MARTAPURA - Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Sosial P3AP2KB menggelar kegiatan Asistensi Pendampingan Penginputan Data Dukung Kota Layak Anak (KLA) tahun 2024, via zoom di Aula Barakat Martapura, Kamis (4/4/2024) pagi.

Kegiatan dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra H Masruri, didampingi Kepala Bappeda litbang Nasrullah Shadiq yang juga menjabat sebagai Ketua Gugus Tugas KLA, Kepala Dinsos Dian Marlina serta dihadiri beberapa kepala SKPD terkait.

Asisten Pemerintahan dan Kesra H Masruri mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada tim gugus tugas KLA Kabupaten Banjar serta semua pihak terkait yang telah berpartisipasi dalam upaya Kabupaten Banjar sebagai Kabupaten Layak Anak tahun 2024.

“Diharapkan segala bantuan dan kerjasamanya yang baik untuk mensukseskan evaluasi KLA tahun 2024. Agar semua anak anak di Kabupaten Banjar terpenuhi hak haknya, terhindar dari kekerasan, diskriminasi dan perlakuan tidak benar lainnya,” harapnya.

Sementara itu Asisten Deputi Perumusan Kebijakan Perlindungan Khusus Anak Muhammad Ihsan menerangkan, kebijakan KLA bertujuan untuk mensinergikan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, sehingga pemenuhan hak-hak anak dapat lebih dipastikan. Kebijakan ini merupakan implementasi dan tindak lanjut komitmen dunia melalui World Fit For Children.

“Ada 24 indikator KLA yang didasarkan pada substansi hak-hak anak yang dikelompokkan ke dalam kelembagaan dan 5 kluster pemenuhan hak-hak anak dalam Konvensi Hak Anak (KHA). Diantaranya hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan pendidikan serta pemanfaatan waktu luang dan kegiatan seni budaya,” tutupnya. (banjarkab)

Komentar