Bupati Panen Raya



MATARAMAN - Bupati Banjar H Saidi Mansyur sangat mengapresiasi semua pihak yang telah banyak berkontribusi hingga terlaksananya panen raya tanaman pangan, kacang tanah dan jagung manis, program ketahanan pangan Desa Gunung Ulin yang bersumber dari dana desa tahun 2023 dengan luasan lahan sekitar 3,5 Hektare.

Apresiasi tersebut disampaikannya saat Panen Raya Kacang Tanah dan Jagung Manis program Ketahanan Pangan Desa Gunung Ulin Kecamatan Mataraman, Kabupaten Banjar, Kamis (29/2/2024) pagi.

Menurutnya, upaya Pemerintah Kabupaten Banjar untuk meningkatkan produksi kacang tanah juga dilakukan dengan bersinergi dengan pemerintah Desa Gunung Ulin melalui pemanfaatan 20 persen dana ketahanan pangan yang ada di APBDes.

Dengan total seluas 3,5 Hektare kacang tanah ditanam memanfaatkan lahan di sela tanaman sawit yang masih berumur 1-2 tahun pada lahan HGU PTPN IV Regional V.

“Program ini tentunya bermanfaat karena dapat menyediakan bahan pangan di Desa Gunung Ulin yang sangat bermanfaat bagi masyarakat tanpa harus jauh mencari guna memenuhi kebutuhan bahan pangan seperti sayuran, palawija dan lainnya,” ungkapnya.

Saidi Mansyur tak lupa meminta kepada Dinas Pertanian melalui koordinator BPP Mataraman agar menjadi pembina dalam terlaksananya program ketahanan pangan di Desa Gunung Ulin.

“Pemkab Banjar siap mendukung dan berkomitmen dalam program ketahanan pangan . Pemerintah selalu hadir bersama petani dalam upaya meningkatkan produksi pangan untuk kesejahteraan petani,” tutupnya. (banjarkab)

Komentar