Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia



MENGHARUKAN meski melalui penentuan nasib di grup lainnya yakni Grup F, Indonesia akhirnya mampu lolos ke 16 besar Piala Asia 2024 Qatar, berkat menjadi salah satu peringkat ketiga terbaik.

Kepastian itu setelah Kirgistan berhasil menahan ambisi Oman 1-1 di pertandingan terakhir Grup F. 
Oman unggul cepat melalui Muhsen Al Ghassani di menit 8. Namun Kirgistan tak rela kalah dan mampu menyamakan skor 1-1 melalui
J. Kojo menit  80.

Hingga akhir waktu skor tak berubah 1-1 dan hasil ini justru membantu timnas Indonesia yang diasuh STY lolos dramatis sebagai peringkat 3 terbaik Grup D alias tim terakhir yang berhak lolos. 

Sebelumnya di Grup F ini Arab Saudi dan Thailand lolos ke 16 besar sebagai juara dan runner up. Oman peringkat 3 dengan 2 poin dan Kirgistan 1 poin di juru kunci. Praktis wakil Grup F cuma ada dua wakil ke babak gugur. Grup A juga cuma dua wakil. Selain itu ada tiga wakil termasuk Grup D yang ditempati Indonesia.

Indonesia di babak gugur akan berhadapan dengan Australia sebagai juara Grup B.

Sebagaimana diketahui Timnas Kirgistan akan berhadapan dengan Timnas Oman pada matchday ketiga Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Abdullah bin Khalifa. Laga antara Kirgistan vs Oman dimainkan pada Kamis (25/1/2024) mulai pukul 23.00 Wita.

Laga ini ditunggu pecinta bola Indonesia karena sangat menentukan nasib Arhan Pratama dkk. Jika pertandingan imbang Indonesia masih melaju.

Kirgistan berada di posisi buncit klasemen Grup F Piala Asia 2023. Peluang lolos ke babak 16 Besar, sebagai runner-up Grup F sudah tertutup. Namun, walau sangat kecil, Kirgistan masih bisa lolos lewat jalur peringkat tiga terbaik.

Oman punya peluang lolos ke babak 16 Besar lebih besar. Oman bakal merebut posisi runner-up Grup F dari Thailand jika menang dengan selisih empat gol lawan Kirgistan, dan di laga lain, Thailand kalah dari Arab Saudi.

Namun, menang besar lawan Kirgistan bukan hal yang mudah bagi Oman. Sebab, pada pertemuan yang digelar November 2023 lalu, Oman kalah dengan skor 0-1 dari Kirgistan dari Odilzhon Abdurakhmanov. Jadi, duel ini memang sulit bagi Oman Susunan Pemain

Kimi Merk mendapat kartu merah dalam laga Piala Asia 2023 antara Kirgistan vs Arab Saudi, Senin (22/1/2024). (c) AP Photo/Aijaz Rahi
Timnas Kirgistan (5-4-1): Erzhan Tokotayev; Bekzhan Sagynbayev, Tamirlan Kozubaev, Amantur Shamurzaev, Khristiyan Brauzman, Aleksandr Mishchenko; Gulzhigit Alykulov, Beknaz Almazbekov, Odilzhon Abdurakhmanov, Kayrat Zhyrgalbek; Ernist Batyrkanov.

Pelatih: Stefan Tarkovic

Timnas Oman (4-3-1-2): Ibrahim Al Mukhaini; Arshad Al Alawi, Ahmed Al Khamisi, Ahmed Al Kaabi, Khalid Al Braiki; Salaah Al Yahyaei, Harib Al Saadi, Abdullah Fawaz; Jameel Al Yahmadi; Issam Al Sabhi, Muhsen Al Ghassani.

Pelatih: Branko Ivankovic.

Komentar