KPU Banjar Diskusi dengan Jurnalis, Hasilnya?



BANJARBARU - KPU Banjar diskusi bareng dengan para jurnalis di Cafe Tempat Bicara Jl Puyau Banjarbaru, Jumat (22/12/2023).

Dalam diskusi yang bertajuk Peran Media Pers dalam Menyukseskan Pemilu 2024 itu, hampir semua komisioner KPU Banjar hadir kecuali Ketua-nya M Nor Aripin yang sedang ada tugas lain.
 
Hadir juga perwakilan Forkopimda Banjar serta Kepala DKISP Aidil Basith termasuk juga perwakilan Bawaslu Banjar Muhaimin.

Baik Abdul Muthalib, Muhammad Ridha, Rizki Wijaya Kusuma, dan Rusmilawati sepakat bahwa peran media pers sangat vital dan penting dalam mensosialisasikan kegiatan KPU, pendidikan politik serta mengcounter berita-berita hoax terkait Pemilu 2024. 


"Tadi ada saran masukan dari Kominfo juga rekan-rekan jurnalis supaya kerjasama pemberitaan lebih diperkuat lagi ke depannya supaya jangkauan informasi penting kepada masyarakat/publik bisa sampai dengan efektif," ujar Muthalib.

Muthalib mengakui sering dalam banyak kasus, justru jurnalis lebih awal mengetahui persoalan di lapangan, sehingga tak ada yang memungkiri pentingnya peranan media dalam menyukseskan Pemilu 2024.

Basith mengusul supaya dalam masa dekat Pemilu agar ada juru bicara KPU Banjar yang bertugas menyampaikan informasi penting dan yang menanggapi persoalan di lapangan sehingga alur informasi bisa berjalan cepat namun efektif.


Begitu juga Muhaimin dari Bawaslu berharap jurnalis dapat menjadi mitra terbaik di samping Gakkumdu dalam mengawasi jalannya pesta demokrasi ini.

Rizki juga mengapresiasi rencana membentuk grup WA semua perwakilan stake holder supaya Pemilu 2024 berjalan dapat diawasi dan berjalan baik sesuai dengan prinsip jujur, bebas dan adil, bersih dari praktik manipulasi, tekanan politik, money politic dan hoax.


Ditambahkan Ridha, 421.557 pemilih yang masuk DPT diharapkan dapat berpartisipasi setidaknya 80 persen lebih. Di mana pada Pemilu 2019 lalu partisipasinya masih rendah.

Sebab bagaimana nanti pemimpin atau wakil rakyat bergantung dari hasil   pilihan warga pemilih.

Saat ini proses terkini ialah merekrut petugas KPPS di mana sudah 17 kecamatan telah terkumpul pendaftar yang cukup antusias. Ada 290 posko di desa/kelurahan se-Kabupaten Banjar akan didirikan. Juga 10 lokasi khusus di dua kecamatan yakni Martapura dan Karang Intan seperti lembaga pemasyarakatan dan ponpes tertentu.

Begitu juga bagi pemilih yang ingin memilih di lokasi lain di luar TPS-nya DPTB masih akan dibuka aksesnya hingga 15 Januari 2024 dan akan ditutup 7 Februari 2024.

"Pemilu 2024 pada 14 Februari 2024 tinggal 53 hari lagi. Hari itu kita namakan Hari Kasih Suara," timpal Ridha.


Komentar