Jurnalis Banjar Lolos Perempat Final Adaro Cup

FJB dan PWI Banjarbaru usai laga derby





MARTAPURA - Tim wartawan asal Kabupaten Banjar bernama Jurnalis Banjar FC lolos ke delapan besar Turnamen Futsal PWI Kalsel-Adaro Cup 2023 setelah melewati babak penyisihan sistem paralel di Borneo Futsal HKSN Banjarmasin, Sabtu (17/12/2023).

Jurnalis Banjar berstatus peringkat 3 Grup A dari dua kali main, kalah 0-2 dari Banua FC, dan menang 2-0 dari PWI Banjarbaru. Dua gol menentukan dicetak Adi Permana (APTour.id).

Di Grup A yang ditempati 5 tim, tersisih  wartawan desk DPRD Kalsel karena dua kali kalah masing-masing dari Polresta Banjarmasin dan Banua FC.

Sementara di Grup B jadi korban adalah PWI Tabalong yang kalah dua kali masing-masing dari Balai Kota Banjarmasin dan FW Ekonomi.

Babak gugur dilaksanakan pada Sabtu (23/12/2023) mendatang mempertemukan, Jurnalis Banjar melawan runner up Grup B, Lidia FC. Tim Lintas Media yang dikapteni Beben ini kebanyakan materi pemainnya berasal dari Polda Kalsel yang sudah 6 kali juara turnamen futsal wartawan.

Kemudian Polresta Banjarmasin (juara Grup A) melawan PWI Balangan (peringkat 4 B), Banua FC (runner up A) vs Balai Kota (peringkat 3 B), serta PWI Banjarbaru (peringkat 4 A) vs FW Ekonomi (juara B).

Banjarbaru meski kalah dua kali memiliki selisih gol lebih baik dibanding DPRD Kalsel. Sementara Jurnalis Banjar partisipasi kali ketiga di turnamen ini, setelah 2017 meraih Tim Fair Play dan 2018 lolos 8 besar.

Kapten Jurnalis Banjar, Rony Latar mengakui pada pertandingan awal, timnya agak sulit beradaptasi. Namun ketika berlaga di pertandingan kedua, mereka mulai bisa tenang dan memainkan pola yang lebih apik.

"Syukur lah kita bisa lolos 8 besar setelah menang dalam laga derby menghadapi Banjarbaru," timpal Iday, pemain FJB.

Sementara Rismana, kapten PWI Banjarbaru mengatakan, meski kalah dari saudara tuanya, mereka bersyukur masih lolos 8 besar dan akan menghadapi juara Grup B, FW Ekonomi.

Sebelumnya, sebanyak 10 tim berlaga. Adapun 10 tim Wartawan yang ikut, dari berbagai daerah Kalsel diantaranya Jurnalis Banjar yang dilatih Coach Andri, Press Room DPRD Kalsel, Lintas Media FC, Forum Wartawan Ekonomi, Polresta Banjarmasin, FW Balaikota Banjarmasin, PWI Banjarbaru, PWI Balangan, PWI Tabalong, dan Banua FC.

Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmie mengatakan turnamen futsal antar wartawan ini sekaligus untuk menyiapkan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) tahun 2024 yang akan dilaksanakan pada Agustus di Kalsel.

“Kebetulan PWI Kalsel mendapatkan kepercayaan untuk menjadi tuan rumah Porwanas 2024. Alhamdulillah ternyata Adaro mendukung kegiatan ini untuk menguji Porwanas 2024,” ujar Zainal, Minggu (17/12/2023).

Menurutnya, Adaro merupakan suatu perusahaan yang kerap mendukung segala kegiatan PWI Kalsel. Dukungannya tidak hanya di bidang olahraga, tapi dalam kegiatan sosial dan pendidikan yang dilaksanakan PWI Kalsel.

“Itu yang kita respon, kita bermitra dengan antara PWI dan Adaro Indonesia,” ujarnya.

Ia berharap seluruh wartawan Kalsel dapat berpartisipasi menjadi bagian panitia pada Porwanas 2024. Karena diperkirakan sekitar ribuan atlet yang berprofesi wartawan ikut Porwanas Kalsel.

“Saya berharap kawan kawan, baik tim peliput dan bukan atlet, kita bantu semuanya,” katanya. (MC)

Komentar