Houthi Gabung Hizbullah dan Hamas Lawan Israel

Milisi Houthi Yaman.



KELOMPOK Houthi di Yaman bergabung dalam perang Israel-Hamas di Gaza, Palestina, yang terletak lebih dari seribu mil dari pusat kekuasaan mereka di ibukota Yaman, Sanaa. Mereka bersumpah akan terus melancarkan serangan terhadap Israel, jika perang terhadap terus berlanjut.

"Angkatan Bersenjata Yaman...mengkonfirmasi bahwa mereka akan terus melakukan serangan kualitatif dengan rudal dan drone sampai agresi Israel berhenti," kata pernyataan militer Houthi yang disiarkan di TV Al-Masirah milik kelompok tersebut, sebagaimana dilansir kantor berita AFP, Rabu (1/11/2023).

Kelompok Houthi di Yaman itu menyatakan bahwa pihaknya telah "meluncurkan sejumlah besar rudal balistik... dan sejumlah besar pesawat bersenjata (drone)" ke arah Israel pada hari Selasa (31/10/2023), yang merupakan operasi ketiga sejak perang berkecamuk di Gaza.

Siapa Itu Kelompok Houthi di Yaman?
Merujuk sejarahnya, seperti dilansir Reuters, Rabu (1/11/2023), pada akhir 1990-an, keluarga Houthi di ujung utara Yaman mendirikan gerakan kebangkitan agama untuk Zaydi Islam Syiah, yang pernah memerintah Yaman. Namun kemudian wilayah utara Yaman menjadi miskin dan terpinggirkan.

Ketika gesekan dengan pemerintah semakin meningkat, kelompok Houthi bertempur dalam serangkaian perang gerilya dengan tentara nasional dan konflik perbatasan singkat dengan kekuatan Sunni Arab Saudi.

Pada akhir 2014 terjadi perang di Yaman, ketika Kota Sanaa direbut oleh Houthi. Khawatir dengan meningkatnya pengaruh Syiah Iran di sepanjang perbatasannya, Arab Saudi turun tangan dengan memimpin koalisi yang didukung Barat pada bulan Maret 2015 untuk mendukung pemerintah yang didukung Arab Saudi.

Houthi menguasai sebagian besar wilayah utara dan pusat-pusat populasi besar lainnya, sementara pemerintah yang diakui secara internasional berpusat di Aden. Sebagai bagian dari "Poros Perlawanan", Houthi turut bergabung menyerang Israel.

Saree menyalahkan Israel atas ketidakstabilan di Timur Tengah, dengan mengatakan bahwa "lingkaran konflik" di wilayah tersebut diperluas oleh "kejahatan yang terus berlanjut". Houthi akan terus melancarkan serangan "sampai agresi Israel berhenti".

Abdelaziz bin Habtour, perdana menteri pemerintahan Houthi, pada Selasa (31/10/2023) mengatakan bahwa Houthi adalah "bagian dari poros perlawanan" terhadap Israel, yang mencakup kelompok-kelompok yang didukung Iran di Lebanon, Suriah dan Irak.

Dikabarkan juga, bendera berwarna hijau telah dikibarkan di Masjid Imam Mahdi di Iran sebagai perlambang agar muslimin Iran bersiaga dengan kemungkinan perang besar melawan Israel dan sekutunya. Kemungkinan jika Iran sudah mengibarkan bendera hitam, maka awal mula Perang Dunia 3 akan terjadi. (detik)

Komentar