Gerindra Banjar Deklarasi Prabowo-Gibran



MARTAPURA - Para pimpinan Gerindra Banjar secara resmi mengumumkan ke media massa bahwa mereka mendukung pencalonan Prabowo dan Gibran sebagai capres dan cawapres pada Pilpres 2024.

Hal itu disampaikan langsung Ketua DPC Gerindra Banjar M Rofiqi dalam jumpa pers di Martapura, Kabupaten Banjar, Rabu (11/10/2023).

"Setelah kita melaksanakan rapimcab tadi malam, dihadiri baik pengurus inti, anggota fraksi dan kader-kader maka kita mendukung pencalonan Prabowo dan Gibran sebagai capres dan cawapres pada Pilpres 2024," ujarnya.

Turut hadir Sekretaris Irwan Bora, Bendahara Hj Salmah dan politisi Gerindra. 

Menurut Rofiqi, deklarasi itu akan serentak dilaksanakan se-Indonesia paling lambat Minggu ini. 


Ia mengakui keputusan MK soal batasan usia capres dan cawapres belum keluar kecuali Senin nanti. "Namun kami optimis, MK akan mengabulkan uji materi itu dan pencalonan Gibran tidak terhambat," katanya.

Memang langkah Gerindra kurang populer karena capres dan parpol lain biasanya kerap menyandingkan dengan tokoh berasal dari NU struktural ataupun non struktural (kultural).

"Kita mengetahui hal itu, namun kapan lagi kita memadukan antara politisi yang berpengalaman dengan politisi muda. Kita yakin jika perpaduan ini terjadi maka visi Indonesia Maju 2040 bisa terwujud," tegasnya.

Memang secara kultural keluarga Jokowi apalagi istrinya juga berasal dari NU kultural. Harapannya, Gibran yang saat ini sebagai Walikota Solo mendapat dukungan luas di Solo maupun Jateng.

Sementara Prabowo pun sudah dikenal luas juga moderat dan dekat dengan berbagai kalangan, baik NU maupun Muhammadiyah.

Komentar