Berita Duka, Guru Hatim Wafat



MARTAPURA -Innalillahi wa ina ilaihi roji'uun, telah berpulang ke Rahmatullah salah satu ulama terkemuka dan putra terbaik Banjar, KH Hatim Salman, Minggu (22/10/2023) di Martapura.

Beliau adalah mantan Wakil Bupati Banjar periode 2005-2010 ketika mendampingi Bupati Khairul Saleh. 

Dari kabar beredar, beliau wafat karena sakit. Saat kesehatannya kembali menurun, keluarga sempat membawa beliau ke RSUD Ratu Zalecha. Namun Allah SWT memanggil beliau di usia sekitar 65 tahun.

Almarhum adalah putra KH Salman Jalil seorang alim ulama yang juga sahabat karib Guru Sekumpul. Almarhum kakak tertua dari KH Wildan Salman ketua Ponpes Tahfidz Darussalam dan KH Sa'aduddin Imam Mushalla Ar Raudhah Sekumpul.


Beliau sebelum ke politik pemerintahan yang tentu atas restu Guru Sekumpul pernah menjadi Ketua Pengadilan Agama Martapura. Kemudian selepas tak lagi sebagai Wabup Banjar kembali aktif sebagai hakim agama di Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin.

Setelah pensiun sekitar setahun lalu, beliau aktif juga sebagai tenaga pengajar di Ma'had 'Aly Darussalam Jl Perwira Martapura. Bahkan jabatan yang dipegang beliau tercatat sebagai Mustasyar PBNU termasuk Mustasyar PCNU Kabupaten Banjar.

 Beliau salah satu ulama terkemuka di Kalsel, terbukti banyak kalangan pejabat nasional atau daerah yang sowan ke kediamannya di Gg Madrasah IV Sekumpul Martapura.

Figur yang rendah hati dan bahkan santun kepada siapa pun ini dikenal sebagai pejabat dan ulama panutan yang kerap dimintai nasihatnya.

Dalam pantauan jenazah almarhum dibawa menggunakan ambulan dari RSUD Ratu Zalecha ke kediaman almarhum di Gg Madrasah IV Sekumpul Martapura. Salah satu putra beliau, Adi Hatim Salman beberapa waktu lalu memang memaklumkan kondisi ayahnya yang agak sakit-sakitan.

Semoga almarhum mendapat rahmat dan ampunan Allah bighairi hisab berkat Sayyidina Muhammad SAW dan berkat wali-wali Allah Tanah Banjar. Aamiin

Komentar