Tugu Harjad Dipertahankan, Jalannya Direkayasa

Tugu Harjad Banjar Jl A Yani


MARTAPURA - Dulu Tugu Harjad Kabupaten Banjar di Jl A Yani tepat seberang Rumdin Bupati Banjar dan Pasar Martapura pernah hendak dipindah memakai crane. Belakangan, tetap dipertahankan dengan sejumlah rekayasa.

Rekayasa jalan yang melewati tugu diperlukan agar kendaraan yang melintasi dari arah luar kota tidak terlalu menikung tajam.

Dahulu ada wacana tugu dipindah dan bundaran itu dikikis sehingga trek menjadi lurus, pertimbangan tentu karena tikungan yang terlalu tajam bahkan kalau tidak hati-hati pengendara akan langsung berhadapan dengan pedestrian CBS.

Menurut Kabid Bina Marga Dinas PUPR Banjar, Jimmy, Rabu (13/9/2023), tugu tersebut akan tetap dipertahankan mengingat esensi sejarahnya.

"Hanya saja, ruas jalannya diperlebar sehingga tingkat ketajaman tikungannya menjadi sangat berkurang. Tentu saja sebagian pedestrian terminal dan CBS akan direkayasa sedemikian rupa dahulu," jelasnya.

Memperlancar rencana itu tahun ini dilakukan perencanaan sampai melibatkan Balai Pekerjaan Jalan Nasional karena status jalan adalah jalan nasional. 

"Baru di 2024 kita kerjakan rekayasa ruas itu dengan anggaran sekitar Rp3 miliar," bebernya.

Adapun mempercantik tugu dan pedestrian itu wewenang lembaga lainnya seperti Cipta Karya PUPR Banjar dan instansi terkait lainnya.

Ini sesuai dengan misi Bupati Banjar Saidi Mansyur yang akan memperindah etalase Kota Martapura terutama membenahi pedestrian termasuk Tugu Harjad Banjar. 

 

Komentar