Guru Tungkal Meriahkan Maulid Nabi di DKISP



MARTAPURA - KH Fakhruddin Nor yang akrab disapa Guru Tungkal hadir memeriahkan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW di halaman Kantor Dinas Komunikasi Informasi, Statistik dan Persandian (DKISP) Banjar, Jl A Yani, Martapura, Jumat (29/9/2023).
Pada acara yang dihadiri Bupati Banjar diwakili Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Banjar Rachmat Dhany, Kadis KISP, Aidil Basith, para kabid, karyawan dan para jurnalis tersebut, seperti biasa Guru Tungkal dengan gaya ceramahnya yang jenaka, membuat jemaah yang hadir tertawa gembira.

Meski begitu, materi tetap fokus pada upaya umat yang mesti mengikuti jejak langkah Nabi Muhammad SAW agar bisa selamat dunia akhirat. "Untuk bisa selamat dan sampai ke surga Allah, maka tidak ada cara lain kecuali mengikuti jejak langkah penghulu surga, yakni Baginda Nabi Besar Muhammad SAW," ujarnya.


Guru Tungkal yang ke acara didampingi Ustadz Sandi menambahkan, empat langkah yang berguna sehingga bisa menjadi umat Rasulullah ialah, pertama, memuji dan mengagungkan Rasulullah SAW. Sebab Allah dan para malaikat pun bershalawat ke atas Nabi, maka tentu umat beliau pun mesti rajin bershalawat.

Kedua, hendaklah dalam beribadah dan beramal, senantiasa ikhlas. Meskipun ini memang sulit tetapi perlu diingat bahwa segala ibadah tak lain adalah anugerah Allah semata.


Ketiga, tetap rendah hati sebab tidak ada manusia yang betul-betul hebat, terkecuali ada peran orang lain ikut membantunya. "Orang sugih kah, kesugihannya itu dicapai karena ada campur tangan dan bantuan dari orang-orang yang lebih sulit, namun mau bekerja membantu orang sugih itu," jelasnya.

Yang keempat ialah memuliakan para wali Allah dan ulama, sebab Allah dan Rasulullah SAW pun mencintai mereka. "Para wali dan ulama ini bisa menjadi wasilah kita selamat di akhirat, sebab bila Allah mencintai wali-Nya, maka orang yang mencintai wali itu pun bisa dirahmati Allah juga," paparnya.

Basith menjelaskan bahwa ia sengaja mendatangkan Guru Tungkal melalui penghubung Gus Muhari, pengasuh Ponpes RMA. "Beliau kan jenaka dan suka melucu, semoga jemaah bisa terhibur. Diantara kita mungkin ada masalah yang semoga dengan dihibur Guru Tungkal bisa menjadi bahagia," ungkapnya.

Sebelum acara dilantunkan syair-syair Maulid dibawakan para santri Ponpes RMA, kemudian dirangkai juga pengajian ayat suci AlQuran oleh qariah berprestasi nasional Nuriyah. 

Komentar