Arba Mustamir, Berbagai Lokasi Kebakaran



MARTAPURA - Bincau arah Mali-mali, lahan persawahan diinfokan juga ada kebakaran lahan, bahkan sebelumnya, area perkebunan yang kering di kawasan Pesona Bincau, Jl Irigasi juga kebakaran bahkan mendekati perumahan. Rabu (13/9/2023) bahkan sejumlah tempat kebakaran.

Diinfokan di kawasan Gambut, ada dua lokasi yang kebakaran, seperti di Guntung Ujung. Juga yang masuk kawasan Banjarbaru, Jl A Yani Km 17, ada juga kebakaran lahan yang bahkan sudah mengorbankan sebuah rumah.

Kepala Pelaksana BPBD Banjar Warsita mengakui bahwa banyak lokasi yang tertimpa kebakaran, khususnya kebakaran lahan akibat kekeringan ditambah cuaca yang sangat panas. Hal itu merupakan bagian dari bencana alam pengaruh iklim kering El Nino.


"Sejumlah armada ada yang sedang mamadamkan di satu lokasi, kemudian segera ditarik lagi mengatasi di lokasi Bincau," terang Warsita. Dalam beberapa hari utamanya hari ini, petugas penanggulangan karhutla, dibuat agak kewalahan sebagai akibat tingginya intensitas laporan dari berbagai lokasi yang mengalami kebakaran lahan.

Politisi PKB, Zaini Makky mengimbau kepada warga agar bersama-sama mencegah karhutla dengan menahan diri tidak membakar sampah dahulu, karena sampah kering cukup dibuang saja ke TPS terdekat. "Sementara di musim kering ini, tidak usah membakar sampah, karena dikhawatirkan bisa memicu kebakaran yang lebih besar," imbuhnya.

Hari ini berbetulan dengan Arba Mustamir, atau hari Rabu terakhir di bulan Safar, di mana hari ini sebagian mempercayai bahwa Tuhan menurunkan bala puluhan ribu. Sebagian ulama menganjurkan di hari Rabu Mustamir untuk memperbanyak istighfar dan doa selamat supaya terhindar dari bala musibah.


Komentar