September, Negara Perlu Sejuta Lebih CPNS

 

JAKARTA – Seleksi CPNS 2023 dikabarkan akan menerima banyak lulusan baru dari SMA/SMK.
Kabar tersebut tentu merupakan berita gembira bagi lulusan SMA/SMK yang ingin mendaftar seleksi CPNS 2023.
Kini pemerintah telah membocorkan jadwal pendaftaran CPNS 2023 di laman sscasn.bkn.go.id.

Buka saja laman: sscasn.bkn.go.id

Pendaftaran CPNS 2023 direncanakan akan dibuka pada September mendatang.

Untuk formasi CPNS 2023, biasanya akan diumumkan bersamaan dengan dibukanya pendaftaran tes di SSCASN.
Saat ini, pemerintah sedang memantapkan rencana penetapan formasi rekrutmen CPNS 2023.

Demikian yang disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Abdullah Azwar Anas di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (12/6/2023).
“September 2023 ini mulai, kan kita tetapkan dulu formasinya,” kata Azwar Anas.
Anas menyatakan bahwa dirinya telah melaporkan kepada Presiden RI Joko Widodo mengenai rencana rekrutmen aparatur sipil negara (ASN) tahun 2023 yang untuk sementara berjumlah total 1.030.751 orang.

Menurut Anas, dalam rekrutmen CPNS 2023 ini pihaknya akan berusaha menyelesaikan perekrutan tenaga non ASN sekaligus mengambil kalangan lulusan baru atau fresh graduate.
“Jadi ini kan ada komplain anak-anak yang baru lulus ini, masa honorer terus yang diurus, kami yang baru lulus mau juga mengabdi ke bangsa dan negara. Nah, ini kita siapkan formasi, kita laporkan ke Presiden untuk terus dikaji,” katanya.

Anas menjelaskan dari total formasi tersebut nantinya 80 persen terdiri dari non ASN atau pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).
Kemudian 20 persen sisanya diperuntukkan bagi fresh graduate, terutama yang talenta digital.
Azwar menjelaskan, kualifikasi fresh graduate akan lebih tinggi dari umumnya.

Pasalnya, formasi ini dibutuhkan untuk mengisi tempat-tempat di kementerian dan lembaga maupun daerah.

“Tentu nanti yang fresh graduate kriterianya akan sangat tinggi kualifikasinya untuk mengisi tempat-tempat di kementerian dan lembaga, maupun pemerintah daerah di seluruh Indonesia,” terangnya.

Kala itu pemerintah atas saran Presiden Jokowi menyiapkan formasi sekira 700.000 guru.
Akan tetapi, menurut Azwar, setelah dibuka hanya 319.029 orang yang mengikuti tes formasi PPPK guru dan 250.000 orang yang lolos.

“Jadi sebenarnya saran Bapak Presiden mestinya urusan guru dan kesehatan ini selesai di 2022, tetapi belum selesai karena banyak daerah tidak mengusulkan. PPPK tenaga kesehatan juga sama, itu yang lulus hanya 78 persen dari total yang kita siapkan,” ujar Anas.

Formasi CPNS 2023 untuk Lulusan SMA/SMK. Gambaran daftar formasi CPNS 2023 untuk lulusan SMA/SMK atau sederajat bisa dilihat dari formasi yang dibuka pada tahun 2021 lalu, seperti dilansir TribunJabar.id. (nkri)



Komentar