PTAM Intan Terus Injeksi Air Bersih ke Lokasi Rawan Kekeringan


MARTAPURA - Sebagian kecil wilayah di Kabupaten Banjar memang terdampak musim kemarau, selain karhutla, juga kekurangan air bersih. PTAM Intan Banjar bekerjasama dengan BPBD Banjar pada pekan-pekan puncak kemarau mesti melayani air bersih ke warga yang mengalami kesulitan.

Seperti di kawasan Kecamatan Kertak Hanyar pada sejumlah kompleks yang sebagian besar pelanggan PTAM yang mencapai 480-an rumah, empat mobil tangki disiapkan untuk mendistribusikan air bersih yang sebagian besar dijalankan dengan sistem injeksi. Injeksi teknisnya menyalurkan air dari mobil tangki ke pipa sekunder kawasan. Volume air bertambah sehingga warga pelanggan bisa memperoleh air dengan cukup lancar.

Sebagai kawasan terjauh jangkauan pipa, memang pada kemarau ini, pasokan air mengalami sedikit masalah, sehubungan sumber air di Sungai Tabuk kekurangan debit air. Empat mobil tangki yang beroperasi setidaknya mampu memuat 9000 liter air setiap hari kebutuhan 480-an pelanggan PTAM.

Menurut Alimuddin, Kasub Transmisi dan Distribusi Wilayah 2 PTAM Intan Banjar, Rabu (9/8/2023) malam, 60 persen air bersih didistribusikan secara injeksi, yakni menyuntikkan air dari mobil tangki ke folder perumahan. "Seperti contoh di Perumahan Three A, Pesona Berlian, Tembikar Permai di kawasan Tembikar, Kertak Hanyar ini, sebagian besar dilaksanakan sistem injeksi," ujarnya.

Ke sejumlah lokasi itu, setidaknya mobil tangki dua unit mendistribusikan air, yang sebagian ada pula yang dilaksanakan secara eceran, dan juga sitem pengisian tandon air. "Arahan pimpinan bagaimana agar kesulitan air bersih bisa teratasi dengan baik," ungkapnya.

Upaya lain adalah dengan menambah booster mini di Tatah Belayung, guna memperkuat kecepatan distribusi air yang berasal dari Manarap, sebagai lokasi pengolahan air bersih. "Beberapa hari lalu, memang ada belasan keluhan kami terima, namun setelah kami selidiki, ternyata kran air di Tembikar dekat jembatan seperti ada yang sengaja menutupnya. Nanti kran pipa besar itu akan kami beri jeruji biar tidak lagi gampang diutak-atik," terangnya.

video terkait:  

https://youtu.be/-fFBnXwOBw8
Sementara Yusrani satu pelanggan mengakui bahwa pada kemarau ini, warga sekitar agak kesulitan air bersih. "Namun, setelah dibantu dengan distribusi air dari PTAM, kendala itu bisa teratasi. Kami tentu berterima kasih atas hal ini kepada PTAM," ujarnya.

Begitu juga Abah Hani, meski terkadang lancarnya air baru bisa dilakukan pada malam hari, setidaknya, aksi PTAM dan BPBD yang mendistribusikan air bersih lewat cara injeksi, eceran, maupun isi tandon, bisa meringankan beban warga yang mengalami kesulitan air bersih selama musim kemarau ini.




Sistem injeksi dari PTAM Intan

Alimuddin

Komentar