PPDI Diharap Membawa Desa Lebih Maju dan Mandiri




MARTAPURA - Bupati Banjar H Saidi Mansyur mengharapkan Pengurus Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Banjar 2023-2028 bisa menjadi motor perubahan desa masing-masing ke arah yang lebih maju dan mandiri. Hal ini disampaikannya selepas acara pelantikan PPDI Banjar di Guest House Sultan Sulaiman, Martapura, Rabu (26/7/2023).

"Yang lebih penting, bagaimana loyalitas perangkat desa, dalam membantu kepala desanya masing-masing untuk bersama-sama mensejahterakan rakyat desa dan lebih memajukan desanya ke arah kemandirian," cetusnya.

Loyalitas adalah hal yang lumrah untuk mempercepat program kerja yang positif. Sebab di lembaga manapun termasuk TNI, Polri juga mengenal akan hal tersebut.

Saidi Mansyur juga meminta PPDI bisa bersinergi dengan stake holder, baik itu Apdesi, Dinas PMD, dan lainnya supaya perangkat desa menjadi lebih baik demi mampu membawa desa ke arah kemajuan dan kemandirian. "Juga mau meniru desa yang lebih maju atau sudah mandiri. 

Masa jabatan hingga usia 60 tahun juga harus benar-benar dimanfaatkan untuk kemaslahatan desa masing-masing. "Namun hal itu (masa kerja yang panjang) lantas dikoyo-koyo akan (disombongkan) kepada kepala desanya," ujar Saidi setengah bercanda hingga hadirin menjadi tertawa.

Turut hadir Kajari Banjar, M Bardan, perwakilan Forkopimda, sejumlah camat dan pejabat terkait. 
Sementara Ketua PPDI Kalsel yang melantik pengurus PPDI Banjar, yakni Ahmad Jam'ani berharap, pengurus terus membina hubungan kepada semua stake holder, tidak sungkan untuk berkonsultasi sehingga kerja desa bisa berjalan dengan baik berjalan sesuai aturan yang berlaku.

Video terkait: 

Adapun Ketua PPDI Banjar Ahmad Sarpa'i setelah dilantik, mereka yang mewakili semua desa di 20 kecamatan, langsung menyusun program kerja, diantaranya ikut mengawal rencana perubahan UU No 6 Tahun 2014 yang banyak mengatur tentang hak dan kewajiban perangkat desa Indonesia.

Video lainnya:

"Ada memang perbaikan seperti sudah rutin setiap bulan, perangkat desa menerima honornya. Semoga dengan organisasi ini kesejahteraan anggota akan lebih baik," harapnya.

Komentar