Alcaraz Juara Baru Wimbledon

 
Alcaraz

LONDON - Carlos Alcaraz berhasil memenangi Wimbledon 2023 usai mengalahkan Novak Djokovic di final tunggal putra. Petenis Spanyol itu mengatasi sang juara bertahan lewat laga sengit selama hampir lima jam.

Carlos menjadi juara baru tunggal putra Wimbledon sejak 2003. Sejak itu atau sudah dua dekade cuma ada 4 petenis yang wara-wiri menjuarainya, yakni Roger Federer 8 kali, Nole 7, Nadal 2 dan Andy Murray 2 kali.

Bertanding di Center Court, mulai Minggu (16/7) malam Wita hingga Senin (17/7/2023) dini hari Wita, Alcaraz menang dengan skor 1-6, 7-6 (8-6), 6-1, 3-6, 6-4. Awalnya, Djokovic memulai laga dengan baik. Ia unggul 5-0 lebih dulu sebelum menutup set pertama dengan skor 6-1 dalam 35 menit.

Namun Alcaraz memberi perlawanan keras di dua set berikutnya. Unggulan pertama itu menghabiskan 86 menit untuk memenangkan set kedua dengan skor 7-6 (8-6). Di set ketiga, ia berbalik unggul usai menang 6-1 dalam waktu satu jam yang menguras tenaga.

Namun Djokovic, pemenang 23 grand slam, pantang menyerah begitu saja. Pada set keempat, ia berhasil menang meyakinkan 6-3, memaksa Alcaraz bermain hingga set kelima.

Dalam babak penentuan itu, banyak muncul drama. Alcaraz kehilangan keunggulan 40-30 dan tertinggal 0-1 lebih dulu dari Djokovic, namun kemudian giliran Djokovic yang membuang keunggulan serupa dan disamakan Alcaraz menjadi 1-1.

Alcaraz kemudian berbalik unggul 2-1, membuat Djokovic kehilangan servis dan memukul pinggir net dengan raketnya hingga mendapat peringatan wasit. Alcaraz lalu menjauh hingga 3-1 usai tak memberi satu poin pun pada Djokovic di gim keempat.

Djokovic berhasil menipiskan jarak menjadi 2-4. Djokovic kembali menambah angka menjadi 3-4, namun Alcaraz juga kembali menjauh menjadi 5-3.

Djokovic belum menyerah dan tampil dominan di gim sembilan untuk memperpanjang napas menjadi 4-5. Meski ia terlihat lelah di usianya yang ke-36 dibanding Alcaraz yang 16 tahun lebih muda, tetapi semangat juangnya tetap terasa.

Namun pada akhirnya Wimbledon mendapat juara baru. Usai beradu sengit hingga 30-30, Alcaraz mengambil dua poin berikut untuk mengunci set kelima dengan skor 6-4, sekaligus mengakhiri duel yang berlangsung selama 4 jam 46 menit.

Ini menjadi gelar grand slam kedua bagi Alcaraz usai US Open 2022, sekaligus yang pertama di lapangan rumput. Sementara bagi Djokovic, ia gagal menyamai rekor delapan gelar Wimbledon milik Roger Federer, dan tertahan di angka tujuh.

Secara rekor dunia, tiga besar peraih grand slam terbanyak masih Novak Djokovic 23, Rafael Nadal 22 dan Federer 20 gelar. (detik/iw)

Komentar