Ribuan Jemaah Berdzikir di Kubah Abah Anang Djazouly



Haul Abah Anang Djazouly

MARTAPURA - Haul ke-12 KH Muhammad Djazouly Fadil atau Abah Anang Djazouly di Kompleks Pangeran Antasari (Kompas) Jl A Yani Km 38 Martapura dihadiri lebih 5.000 jemaah.

Turut hadir sejumlah tuan guru, habaib, Wabup Banjar Said Idrus Al Habsyie, mantan Gubernur Kalsel H Rudy Ariffin, Forkopimda Banjar dan tamu penting lainnya.


Acara diawali pembacaan Maulid Simtudhuror oleh Grup Maulid Bani Ismail, kemudian tahlil disertai Dzikir Nasyid. Acara berjalan penuh khidmat, ditambah cuaca malam sangat cerah dan cukup sejuk bertepatan 21 Dzulqaidah 1444, Sabtu (10/6/2023).


Selepas acara, Fauzan Asniah mewakili ahli waris Abah Anang Djazouly mengucapkan terima kasih kepada hadirin, dan warga yang telah pula membantu lancarnya acara.

"Malam ini cuaca sangat mendukung, dan semoga kita semua dengan berkat menghauli sohibul makam mendapat rahmat dan berkah dari Allah," ucapnya.

Sementara, Sofyar satu koordinator lapangan menjelaskan bahwa tahun ini panitia setidaknya menyediakan 6.000 porsi makanan.  

Abah Anang Djazouly ialah salah satu sahabat Abah Guru Sekumpul. Beliau ialah salah satu wali Allah yang mastur. Banyak karamah beliau yang disaksikan anak murid dan khadam beliau.

Keutamaan beliau ialah ketika Abah Guru Sekumpul sakit dan terbatas menerima tamu, maka tamu-tamu penting dari Jakarta, pejabat kerap bertamu ke kediaman beliau di Kompas Martapura.

Beliau adalah orang alim yang sangat tawadhu, meskipun tamu hanya orang biasa. Beliau ramah dengan siapa saja, dan sangat low profile. Juga beliau masih zuriat Syaikh Arsyad Al Banjari yang dituakan juga oleh Abah Guru Sekumpul dan ulama-ulama di Martapura. 

Salah satu pesan beliau kepada para muridnya ialah, "Jangan berpegang pada yang bisa mati, tetapi senantiasa berpegang lah pada Yang Maha Hidup yakni Allah." (iwn)

Komentar