Dibuka CPNS Terbanyak Lulusan SMA/SMK, Ini Syarat-syaratnya

KEMENTERIAN Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) kembali membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023 pada akhir Juni mendatang. Salah satu kuota CPNS yang paling banyak adalah formasi lulusan SMA dan SMK.


Berikut tentang syarat dokumen kelengkapan pendaftaran dan cara daftar CPNS 2023 di link Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara Badan Kepegawaian Negara (SSCASN BKN). Seleksi CPNS 2023 ini terbuka untuk umum. Sehingga lulusan SMA dan SMK hingga S2 dan S2 maupun sekolah kedinasan bisa mengikutinya.

Pemerintah juga membuka seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dengan selektif dan terbatas. Selain tentunya pendaftaran CPNS 2023 dari pelamar umum. Salah satu di antaranya adalah formasi CPNS 2023 lulusan SMA dan SMK.

Kementerian PanRB menyatakan akan memprioritaskan talenta digital dalam seleksi CPNS 2023 mendatang.
Selain talenta digital, KemenpanRB juga memprioritaskan tenaga pendidik. Seperti tenaga dosen dan guru serta tenaga kesehatan dari instansi daerah ke pusat. Meski demikian, kuotanya akan melihat kembali jumlah PNS yang hendak pensiun.

Termasuk kuota formasi CPNS 2023 lulusan SMA dan SMK.Selain itu, dalam seleksi CPNS 2023 nanti, akan memperhatikan pemenuhan SDM dengan mempertimbangkan geografis serta kemampuan anggaran negara.

MenpanRB, Abdullah Azwar Anas dalam situs resmi Kementerian PANRB belum menetapkan adanya lowongan kerja PNS maupun PPPK untuk lulusan SMA.Namun, jika merunut kuota pendaftaran CPNS pada tahun-tahun sebelumnya, akan selalu ada formasi CPNS untuk para lulusan SMA sederajat untuk tenaga kerja teknis di sejumlah instansi pemerintahan.SE Kementerian PANRB Nomor B/521/M.SM.01.00/2023 tentang Pengadaan Aparatur Sipil Negara Tahun 2023 menunjukkan ada sejumlah info formasi yang dibuka di CPNS 2023.Dalam aturan tersebut pula, usulan kebutuhan ASN 2023 baik PNS dan PPPK wajib memperhatikan ketersediaan anggaran dalam APBN/APBD dengan prinsip zero growth, kecuali pada bidang pelayanan dasar yaitu pendidikan dan kesehatan.

Apa saja formasi CPNS 2023 lulusan SMA dan SMK?

Formasi CPNS 2023 Instansi Pusat

1. Instansi pusat dapat mengusulkan kebutuhan CPNS dan PPPK.

2. Usulan kebutuhan CPNS hanya pada bidang kejaksaan, kehakiman, intelijen, dan tenaga dosen.

3. Kebutuhan tenaga dosen merujuk pada data dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

4. Kebutuhan PPPK merujuk pada Peraturan Menteri tentang nomenklatur setiap jabatan fungsional dan keputusan Menteri PANRB Nomor 158 Tahun 2023.

5. Kebutuhan tenaga kesehatan merujuk pada data dari Kementerian Kesehatan.

Formasi CPNS 2023 Instansi Daerah

1. Usulan kebutuhan PPPK diprioritaskan pada bidang pelayanan dasar yaitu pendidikan dan kesehatan di daerah terpencil, tertinggal, dan terluar.

2. Kebutuhan tenaga guru merujuk pada data dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

3. Kebutuhan tenaga kesehatan merujuk pada data dari Kementerian Kesehatan.

Apa saja syarat daftar CPNS 2023 untuk lulusan SMA?

Terkait formasi CPNS 2023 lulusan SMA dan SMK syarat-syarat pendaftarannya, belum ada informasi terkaitnya di link web   sscasn.bkn.go.id   laman SSCASN BKN.

Meski begitu, calon pelamar seleksi CPNS 2023 bisa mulai mempersiapkan sejumlah dokumen pendaftaran CPNS 2023, antara lain:

1. Kartu Tanda Penduduk asli dalam bentuk file scan.

2. Pas foto file swafoto atau foto selfie.

3. File ijazah asli dan fotokopi.

4. File transkrip nilai asli.

5. Dokumen pendukung lain yang sesuai dengan persyaratan dari instansi yang bersangkutan.Misalnya sertifikat TOEFL/EAP/ILTS, SKCK, surat keterangan penyetaraan ijazah, surat bebas narkoba, dan lain sebagainya.

Sedangkan cara untuk mendaftar CPNS 2023, antara lain dengan membuat akun SSCASN BKN di link  sscasn.bkn.go.id memakai email dan nomor HP yang masih aktif. Demikian informasi tentang formasi CPNS 2023 lulusan SMA dan SMK. (republika/iwn)

Komentar