Orang Banjar Jadi Raja Tenis SEA Games Kamboja 2023

Rifqi Fitriadi



JAKARTA - Tim tenis lapangan Indonesia berhasil keluar sebagai juara umum cabor tenis SEA Games Kamboja 2023, Minggu (14/5/2023).

Meski ditarget tiga emas tim tenis Indonesia malah menyumbang empat medali emas.

Adalah Urang Banjar M Rifqi Fitriadi yang ikut bertanding pada SEA Games 2023 Kamboja meraih emas di tunggal putra.

Kemenangan dari Muhammad Rifqi putra H Rijani pada nomor tunggal putra menjadi penutup manis perjalanan timnas tenis Indonesia pada laga final yang diselenggarakan di Stadion Nasional Morodok Techo Phnom Penh, Minggu.

Sekretaris Jenderal Pelti Hasbullah Tahir mengatakan hasil timnas tenis di SEA Games 2023 dengan perolehan empat medali emas, dua perak, dan tiga perunggu sudah melampaui target awal, yakni tiga emas.

Pencapaian itu, lanjut Tahir, merupakan hasil dari kerja keras dan persiapan jelang SEA Games perdana di Kamboja tersebut.

“Persiapan menuju SEA Games ini, kami dari Pelti memang sudah mempersiapkan hal ini dengan menyiapkan beberapa turnamen-turnamen menjelang SEA Games. Turnamen ini semua basisnya adalah internasional, ITF. Melihat atlet tampil semua ini luar biasa karena target tiga emas yang ditargetkan buat Pelti, kita bisa melampaui target yang ditetapkan,” kata dia.

Petenis Aldila Sutjiadi menambahkan, prestasi ini diharapkan bisa dipertahankan bahkan meningkat di SEA Games mendatang.

“Indonesia kalau tidak salah sudah jadi juara umum ya, di tenis. Pastinya ini kemajuan sangat besar dari tahun lalu dan semoga kita bisa pertahankan di SEA Games berikutnya,” kata Aldila.

Sementara itu, empat medali emas untuk tenis diraih masing-masing tunggal putri Priska Madelyn Nugroho, tunggal putra Muhammad Rifqi, ganda campuran Aldila/Christopher Rungkat, dan beregu putri dengan komposisi Aldila Sutjiadi, Beatrice Gumulya, Priska Madelyn Nugroho, dan Jessy Rompies.

Dua medali perak masing-masing diraih Christopher Rungkat dan Nathan Anthony Barki pada nomor ganda putra, serta Aldila/Jessy Rompies pada ganda putri.

Tiga perunggu masing-masing disumbangkan Beatrice Gumulya/Fitriana Sabrina pada nomor ganda putri, David Agung Susanto/Beatrice Gumulya pada ganda campuran, dan beregu putra yang dihuni Christopher Rungkat, David Agung Susanto, Muhammad Rifqi Fitriadi, dan Nathan Anthony Barki.


Secara keseluruhan kontingen Indonesia duduk di posisi tiga dan meraih emas 70 keping. Sebenarnya ini sudah melebihi target yang ditetapkan Presiden Jokowi yakni 69 emas.

Indonesia masih kalah dengan kontingen Thailand dan Vietnam namun lebih bagus ketimbang tuan rumah Kamboja. (antara)

Komentar