Harkitnas Momen Memperkuat Ekonomi Bangsa



MARTAPURA - Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) menjadi waktu untuk mensyukuri setiap langkah kemajuan, perbaikan dan pelajaran yang didapatkan dari perjuangan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Banjar H Saidi Mansyur saat membacakan sambutan tertulis Plt Menteri Komunikasi dan Informatika RI Mohammad Mahfud MD pada upacara peringatan ke 115 Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2023 dan HUT ke -74 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan, di halaman Kantor Bupati Banjar, Martapura, Senin (22/5/2023) pagi.

Indonesia telah mengambil peran penting di Forum Internasional, Indonesia menjadi ketua ASEAN sejak 1 Januari 2023 dengan tema ASEAN Matters : Epicentrum of Growth.

“Indonesia bertujuan menjadikan Asia Tenggara sebagai kawasan yang penting dan relevan bagi dunia dalam menghadapi tantangan regional dan global serta memperkuat posisi ASEAN sebagai Episentrum pertumbuhan ekonomi dunia,” ucap Saidi.

Ditambahkan Saidi, kepercayaan dunia terhadap Indonesia menjadi momentum untuk menerapkan semangat Kebangkitan Nasional  dalam era pasca pandemi Covid-19 dan perjalanan menuju Indonesia Emas 2045.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Banjar juga menyampaikan sambutan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor. Dikatakan proklamasi 17 Mei 1949 adalah sejarah penting bagi rakyat Kalsel, menegaskan keberadaan dan kekuatan Gerilya ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan di bawah penjajahan Belanda.

“Semangat proklamasi 17 Mei 1949 harus menjadi inspirasi bagi kita dalam berbakti dan mengabdi pada banua dan negara ini,” ucapnya.

Upacara ini juga diikuti Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyie, Sekda Banjar HM Hilman, para staf ahli, Asisten Setda Banjar, seluruh kepala SKPD, instansi vertikal, legiun veteran, ASN, TNI/Polri, para pelajar, pramuka dan gabungan organisasi kepemudaan. (banjarkab)

Komentar