Forda Kalsel 2023, Banjar Raih 2 Emas, 2 Perak, 6 Perunggu


Dansa Banjar raih emas


BANJARMASIN - Kontingen Kabupaten Banjar berpartisipasi pada ajang Festival Olahraga Rekreasi Daerah (Forda) 2023 yang berlangsung tiga hari dan berakhir Selasa (23/5/2023) tadi di Banjarmasin.

Setidaknya ada 20 induk olahraga (inorga) yang mempertandingkan maupun memperlombakan cabangnya masing-masing di bawah binaan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Kormi) Kalsel pimpinan Sahbirin Noor (Paman Birin).

Meski sudah pasti kontingen Banjarmasin akan menguasai ajang ini, namun kontingen Banjar pun tampil  tak mengecewakan. Mereka meraih 2 emas, 2 perak dan 5 perunggu.

2 emas berasal dari langkah dansa satu emas dan skateboard 1 emas. 2 perak dipersembahkan juga dari skateboard dan satu inorga Baveti Banjar di tenis lapangan.

Adapun 5 perunggu masing-masing 3 dari skateboard, 1 gateball dan 1 lagi dari tenis lapangan.

Hal itu disampaikan salah satu pengurus Kormi Banjar, Rubaini. "Alhamdulillah, info yang saya terima dari beberapa inorga, ada beberapa medali kita peroleh," tukasnya.

Adapun dari tenis lapangan binaan Baveti Banjar satu perak berasal dari ganda total umur 130 tahun Khairuddin/Abdul Rahim. Sedangkan satu perunggu dipersembahkan ganda Akhmad Sugian Noor/Adi Permana pada kategori 90 tahun.

Kormi Kalsel menggelar Forda Kalsel 2023 adalah dalam rangka menyeleksi pegiat olahraga rekreasi masyarakat yang akan diikutkan pada ajang Fornas VII di Bandung Juli 2023 dekat ini.

Sekadar diketahui, Kormi sebagaimana diatur dalam UU Sistem Keolahragaan Nasional kedudukannya sejajar dengan KONI. Namun KONI lebih difokuskan membina cabor-cabor prestasi.

Info terbaru Banjar juga menambah 1 perunggu dari bola sundul sehingga total 6 perunggu.

Komentar