Ekowisata AGM Meraih Pujian

Supian HK


BANJARBARU - Ketua Dewan  Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Selatan H Supian HK mengapresiasi keberhasilan PT Antang Gunung Meratus dalam restorasi kawasan ekowisata Bekantan Lok Buntar.

Hal itu disampaikannya di sela kegiatan penanaman   pohon di lahan seluas 23 hektare milik Pemprov Kalsel kawasan Jalan Golf Kecamatan Landasan Ulin Banjarbaru Kamis (16/3/2023) pagi.

"Kami mengapresiasi PT AGM yang menyiapkan lahan dan bisa menampung bekantan satwa yang dilindungi," katanya.

Diungkapkannya, dirinya baru-baru tadi ada dapat informasi kalau bekantan yang ada di sana melahirkan. "Ini menjadi kabar baik artinya pengelolaan lahan di sana sangat baik untuk habitat bekantan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Teknik Tambang (KTT) PT AGM, Imam Arifiyanto, menyebut pihaknya menyiapkan 30 hektar lahan untuk habitat bekantan lengkap dengan pakan alami. Pohon rambai ditanam di sana, di mana buah rambai sebagai makanan utama bekantan. "Alhamdulillah bekantan bisa tumbuh dan berkembang biak," katanya.

Menurut Imam, kelahiran bekantan menjadi bukti  kawasan Ekowisata yang dikelola PT AGM ini berhasil. 

Disampaikannya, hal tersebut  dibuktikan dengan berlangsungnya ekosistem yang baik di kawasan vegetasi hutan rawa ini, sehingga menjadi rumah yang aman dan nyama bagi satwa endemik sekalipun.

Berbagai jenis fauna seperti monyet ekor panjang, hirangan (lutung), hingga sejumlah jenis burung juga bermukim di ekowisata tersebut.

"Tidak puas sampai di sini, ke depannya kami berharap kawasan Ekowisata Bekantan ini menjadi destinasi wisata dengan minat khusus," ujarnya.

Hal ini berkenaan dengan ciri khasnya yang menarik. Baik   itu dengan satwa maupun fauna yang dikembangkan, tapi juga sebagai wahana edukasi dan penelitian. 

"Semoga ke depannya juga bisa berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat sekitar," pungkas Imam. (ap/*)


Komentar