LAKKB dan Yayasan Sultan Adam Gelar Haul Abah Guru Sekumpul




MARTAPURA - Jumat (10/2/2023) malam di Sekretariat Yayasan Sultan Adam dan Lembaga Adat Kekerabatan Kesultanan Banjar Jl Terminal Sekumpul, Martapura digelar acara Isra Miraj Nabi Muhammad SAW sekaligus Haul ke-18 Abah Guru Sekumpul. 



KH Wardiansyah yang merupakan Ketua Yayasan Sultan Adam didampingi sekretarisnya Gt Andriansyah menerangkan, setiap bulan mereka memang rutin melaksanakan majlis Shalawat Burdah Imam Bushiri. "Berbetulan dengan bulan mulia bulan Rajab, maka sekaligus kita laksanakan peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, serta Haul ke-18 Abah Guru Sekumpul," ujarnya.

Menurut Guru Wardi, dalam acara itu diuraikan juga hikmah Isra Miraj bagi kaum muslimin, sehingga semua dapat lebih mengimani kerasulan Nabi Muhammad SAW. Begitu juga perintah Allah SWT yakni mendirikan shalat lima waktu juga sangat penting sebagai tiang beragama.
 

Video terkait: 

https://youtu.be/7YXZ6upesog

 
Tak lupa, ratusan jemaah juga mengirimkan tahlil dan doa kepada KH Muhammad zaini Ghani atau Abah Guru Sekumpul, yang telah banyak berjasa dalam melimpahkan ilmu tauhid, fiqih dan tasawuf bagi muslimin di Martapura, hingga pelosok Kalsel.

Hubungan erat antara zuriat Kesultanan Banjar serta Syaikh Muhammad Arsyad Al Banjari sudah terbina sejak ratusan tahun lalu, sehingga sulit terpisahkan. "Datu-datu kita sudah mencontohkan tentang bagaiman hubungan yang baik antara ulama dan umara, sehingga rakyatnya pun menjadi baik lagi diberkahi Allah," jelasnya.

Sementara Andre menambahkan, kegiatan pengajian di sekretariat dilaksanakan sebulan sekali di mana dipanjatkan tahlil dan doa kepada para sultan yang sempat memerintah di Kesultanan Banjar, mulai Sultan Suriansyah hingga Sultan Sulaiman, Sultan Adam dan penerusnya. "Intinya semua pedatuan dan zuriat yang sudah mendahului kita kirimkan tahlil dan doa haul jamak," ungkapnya.

Selepas itu, pihak yayasan juga menyerahkan bantuan kepada para dhuafa. "Ini sebagai upaya kita terus berbuat yang terbaik bagi sesama. Selain itu, kekerabatan Kesultanan Banjar akan terus kita rekatkan dengan mendata para zuriat kesultanan yang tersebar di seluruh Kalsel dan sekitarnya," cetusnya. Turut hadir juga Adipati Banjar Kesultanan Banjar KH Gusti Merdekansyah. (ap)

Komentar