Malam Senin Ini Ada Haul di Sekumpul

KH Sa'duddin Salman, imam Mushalla Ar-Raudhah Sekumpul, Kamis (26/1/2023) malam.


SETELAH menjadi teka-teki apakah Mushalla Ar Raudhah Sekumpul mengadakan haul ke-18 Abah Guru Sekumpul atau tidak, mengingat status PPKM berakhir 1 Januari 2023, akhirnya terjawab sudah.

 

Kamis (26/1/2023), Imam Mushalla Ar Raudhah KH Sa'duddin Salman kepada pers memberitahukan bahwa Haul ke-18 Abah Guru Sekumpul di Sekumpul akan diadakan.

"Insya Allah, haul di Kompleks Ar Raudhah (Sekumpul) seperti biasanya sebagaimana sebelum pandemi Covid-19 akan diadakan," ujarnya.

Memang tidak dipublikasikan secara luas, namun ia memastikan bahwa acara haul tidak lagi terbatas sebagaimana dua tahun terakhir, haul ke-16 dan haul ke-17. "Jadi ini terbuka untuk umum, tidak lagi dibatasi," tegasnya.

Adapun jadwalnya, tetap seperti biasa awal-awal Rajab menyesuaikan malam Senin, bersamaan dengan majlis maulid Al Habsy. Dengan begitu diperkirakan puluhan ribu jemaah akan sudah memadati Sekumpul pada Minggu (29/1/2023) selepas Ashar.

Sebenarnya, jemaah sempat bertanya-tanya apakah haul di Raudhah terbuka atau terbatas, menyusul beberapa lokasi telah memastikan menggelar haul ulama kharismatik yang bernama lengkap Al Alimul Allamah Al Arifbillah As Syaikh Al Hajj Zaini Ghani Al Banjari. 

Dari pantauan, setelah ada stetmen Guru Sa'duddin itu, puluhan posko sejak pagi Jumat mulai beraktivitas mendirikan tenda, dan membersihkan lingkungan. Perkiraan, puluhan dapur umum akan segera berdiri guna melayani puluhan ribu peziarah yang akan menghadiri haul yang puncaknya pada malam Senin ini.

Setelah dua tahun hampir 3 tahun, jemaah akan melepas kerinduan melihat meski dari tayangan TV Raudhah dua putra Abah Guru Sekumpul, Muhammad Amin Badali dan Ahmad Hafi Badali. (ap)








Komentar