Berkah Haul ke-18 di Sekumpul Memang Beda


Jemaah di dalam regol.


MARTAPURA - Majlis Ar Raudhah Sekumpul yang menggelar Haul ke-18 Abah Guru Sekumpul memang mempunyai magnet yang berbeda. Buktinya sekitar 1 juta jemaah tumpah ruah ke Martapura dan sebagian wilayah Banjarbaru, Minggu (29/1/2023).

Meski cuma tiga hari sejak ada info bahwa haul akan terbuka seperti sebelum pandemi, ternyata antusiasme warga Martapura ikut menyokong acara yang sudah lama ditunggu-tunggu ini berjalan seperti gerakan cepat dan meyakinkan.


"Terasa berkahnya luar biasa di Sekumpul ini, meski sebelumnya ada juga haul yang katanya akbar," ujar satu jemaah asal Sungai Tabuk.

Kapolres Banjar AKBP Ifan Hariyat kepada pers memperkirakan jumlah jemaah mencapai 1 juta jiwa datang dari berbagai daerah, luar Kalimantan bahkan luar negeri.


Dari pengamatan, kedatangan jemaah berlangsung tertib begitu juga arus kepulangan berjalan aman dan lancar.

Tak kurang dari 4.000-an petugas yang membantu arus. Puluhan posko selalu siaga.

Sejak dzuhur saja ruas Jl Sekumpul sudah sesak, apalagi menjelang ashar semua ruas jalan, hingga Jl A Yani dekat Q Mall Banjarbaru penuh.

Selepas maghrib acara maulid Habsy dipimpin H Muhammad Amin Badali meski dari balik tabir sehingga tak tampak dari layar TV Ar Raudhah.

Acara berlangsung khidmat apalagi syair Khobbiri dan juga Nurul Musthofa membahana ke seantero Martapura. Luar biasa, Allahu Akbar!!!


Selepas itu acara tahlil singkat dan ditutup dengan doa oleh KH Muaz. Hadir juga Habib Ali, KH Masdar, KH Sa'duddin yang kali ini tidak menjadi imam saat maghrib dan isya seperti biasa gelaran haul sebelumnya. (ap)

Komentar