Maroko Optimal, Prancis Ciptakan Final Ideal


Mbappe bersaing dengan Messi meraih sepatu emas.


LES Bleus -- julukan Timnas Prancis -- sudah unggul sejak menit kelima melalui Theo Hernandez. Mereka bermain bertahan setelahnya hingga mendapatkan gol kedua melalui pemain pengganti, Randal Kolo Muani, pada menit ke-79.

Maroko yang menjadi negara Afrika pertama ke semifinal piala dunia, serta kedua negeri muslim yang ke semifinal sebenarnya tampil bagus.

Namun pola permainan Prancis di tangan Didier Deschamp memang di luar perkiraan. Mereka setelah unggul justru memakai taktik umpan panjang, karena tahu bahaya serangan balik Maroko.

Akhirnya, publik sepakbola mesti mengakui adanya final ideal antara sang juara bertahan melawan Argentina.

Kedua negara sama-sama pernah juara dunia, masing-masing dua kali. Argentina juara 1978, dan 1986 ketika era Maradona. Sedangkan Prancis juara dunia di edisi 1998 era Zinedin Zidane serta terbaru 2018.

Bahkan sebagian skuad Prancis yang juara 2018 masih bercokol di tim mutakhir.

Final Piala Dunia 2022 akhir pekan tak cuma soal Argentina atau Prancis yang jadi juara dunia untuk kali ketiga. Ada 4 pemain bersaing menjadi top scorer turnamen ini.
Dua finalis untuk laga di Lusail Iconic Stadium, Minggu (18/12/2022) malam Wita, sudah diketahui, yakni Argentina vs Prancis. Perebutan tempat ketiga adalah Kroasia vs Maroko.

Argentina lebih dulu melaju ke final usai mengalahkan Kroasia di semifinal, Rabu (14/12/2022) dini hari Wita. Lalu, giliran Prancis yang menjejak final kedua beruntun, setelah membekuk Maroko 2-0.

Melihat kualitas skuad Argentina dan Prancis, duel dipastikan akan berlangsung ketat sepanjang 90 menit. Bukan tak mungkin harus ada adu penalti untuk menentukan pemenangnya.

Nah, persaingan tak cuma milik Argentina atau Prancis, dalam memperebutkan gelar Piala Dunia 2022. Tapi, ada juga predikat top skor yang coba direbut empat pemain.

Kebetulan keempatnya ada di tim finalis, yakni Lionel Messi dan Julian Alvarez sebagai duet Tim Tango, sementara Olivier Giroud dan Kylian Mbappe di lini depan Tim Ayam Jantan.

Messi baru saja menyamai torehan lima gol Mbappe saat menjebol sekali gawang Kroasia kemarin. Messi sementara unggul karena punya 3 assist berbanding dua milik Mbappe.

Lalu, Giroud dan Alvarez menyusul dengan sama-sama memiliki empat gol dan nol assist. Menurut Anda, siapa-kira bisa meraih Sepatu Emas kali ini? Uniknya, Messi dan Mbappe adalah pilar PSG dari Prancis.

Top Skor 

5 gol
Lionel Messi
Kylian Mbappe

4 gol
Olivier Giroud
Julian Alvarez (detik/okezone/ap)

Komentar