Yes Emas Kalsel dari Catur


H Lutfi kapten tim catur diberi selamat oleh Ketum PWI Kalsel


MALANG - Luar biasa, medali emas berhasil didulang tim catur Kalsel di ajang Porwanas XIII Malang 2022 di L Hotel Batu Malang, Kamis (24/11/2022).

Adalah H Lutfi, Jimmy, Darma yang turun di nomor beregu menyumbangkan poin 10 dari hasil lima kali menang atas. Sumsel, NTB, Kalteng, Lampung dan DKI Jakarta.

"Alhamdulillah ini kami sangat syukuri. Berkat seleksi yang ketat dan latihan rutin bersama. Kami persembahkan medali emas ini untuk Banua Kalsel," ujar H Lutfi wartawan senior Indosiar.

Poin 10 tak lagi bisa dikejar kontingen lain apapun hasilnya di partai keenam. Karena lawan terdekat cuma datang dari Kalteng yang baru meraup 6 poin.

"Ini membanggakan, karena emas ini perdana dari catur. Dahulu pernah perunggu oleh almarhum Hadhariah Roch di Porwanas V Lampung 1993," ujar Ketum PWI Kalsel Zainal Helmi.

Kontingen PWI Kalsel bertengger di papan atas klasemen dari 34 provinsi dengan satu emas dan dua perak serta 1 perunggu. Perak masing-masing dari cabor e-sport dan biliar.

Adapun medali perunggu dihasilkan Huda dan Tries di PES e-sport berpasangan.

Sebagaimana diketahui, cabor catur unik karena Kalsel baru mulai mendulang medali pada perhelatan Porwanas V di Lampung, 1993. Kala itu, pecatur Kalsel, Hadhariyah Roch, meraih medali perunggu. Jadi, Hadhariyah, wartawan BPost Group dicatat sebagai peraih medali pertama Kalsel.

Sementara, wakil Kalsel di cabor tenis perorangan gagal ke semifinal. Di babak perempat final, Adi/Didik harus mengakui ketangguhan Lampung, Rony/Jimin 4-8.

Padahal sebelumnya Adi/Didik sukses melewati ganda 40 ke atas Kalteng Pandit/Herman 8-1.

Di nomor ganda perorangan 40 ke bawah, Bakti/Riwandi kalah 6-8 dari Hendrik/Bagus asal Papua Barat.

Emas 40 ke bawah diraih Firma/Dadang (Kalteng) mengalahkan Erwin/Danil (Lampung) 8-1. Emas 40 ke atas jatuh ke tangan Rony/Ucok (Jabar) yang mengalahkan Roniansyah/Jimin (Lampung) 8-3.

Sementara beregu tenis emas direbut tim Kalteng, Jabar perak dan perunggu masing-masing Jakarta serta Lampung.

Komentar