Semua Berpeluang, Kecuali Qatar dan Kanada


QATAR - Piala Dunia Tahun 2022 segera menyelesaikan matchday (laga-red) kedua. Persaingan dalam setiap masing-masing grup semakin ketat untuk menuju 16 besar.
Semua tim berjuang maksimal untuk memperebutkan tempat 16 besar. Hanya setengah tim yang bakal mendapat kesempatan mentas di fase selanjutnya.

Mereka yang menghuni posisi pertama dan kedua klasemen bakal dipastikan lolos ke babak selanjutnya. Sejauh ini, hanya baru Prancis, Portugal, dan Brasil yang berhasil mengamankan dirinya lolos ke 16 besar. Masih ada 13 slot tersisa.

Mengutip dokumen resmi FIFA terkait aturan di Piala Dunia 2022. Peringkat peserta dalam klasemen tiap-tiap grup akan mengacu pada tiga aspek, yakni jumlah poin, selisih gol, dan produktivitas gol.

Artinya, tim yang paling banyak mendapatkan poin setelah menjalani tiga laga penyisihan bakal menghuni urutan teratas klasemen. Jika terdapat lebih dari satu tim dengan torehan angka serupa, pemeringkatan akan ditentukan berdasarkan selisih gol.

Apabila hasil sama masih diperoleh dengan dua cara tersebut, maka produktivitas gol-lah yang akan berbicara untuk menentukan peringkat peserta. Tim dengan jumlah gol terbanyak berhak menempati posisi yang lebih tinggi. 

Piala Dunia 2022 sejauh ini telah memainkan 32 pertandingan. Dua tim sudah pasti tersingkir, sedangkan tiga tim telah memastikan kelolosan ke babak 16 besar.

Tim pertama yang sudah pasti tersingkir adalah tuan rumah Qatar dari Grup A. Timnas Qatar dipastikan kandas setelah kalah 0-2 dari Ekuador dan kalah 1-3 dari Senegal. 

Belanda, yang menang 2-0 atas Senegal dan imbang 1-1 dengan Ekuador, kini memimpin klasemen Grup A dengan empat poin.

Sementara itu, tim pertama yang pasti lolos ke babak 16 besar adalah juara bertahan Timnas Prancis dari Grup D. Les Bleus telah mengumpulkan enam poin hasil kemenangan atas Australia (4-1) dan Denmark (2-1).

Pada hari Minggu (27/11/2022), satu tim menyusul Qatar tereliminasi. Tim tersebut adalah Timnas Kanada dari Grup F.

Hari Senin (28/11/2022) kemarin, dua tim memastikan diri menyusul Prancis lolos ke babak 16 besar. Dua tim itu adalah Brasil dari Grup G dan Portugal dari Grup H. 

Sudah lolos
  •     Prancis - Grup D
  •     Brasil - Grup G
  •     Portugal - Grup H

Pada matchday terakhir Grup D nanti, Prancis akan menghadapi Tunisia, sedangkan Australia akan berhadapan dengan Denmark. Hasil imbang saja sudah cukup bagi Prancis untuk menjadi juara grup.

Satu jatah tersisa dari Grup G masih akan diperebutkan oleh Swiss, Kamerun, dan Serbia. Sementara itu, salah satu dari Ghana, Korea Selatan, atau Uruguay akan menyusul Portugal pada matchday terakhir Grup H nanti.

Tereliminasi
  •     Qatar - Grup A
  •     Kanada - Grup F

Di matchday terakhir Grup A nanti, Ekuador akan menghadapi Senegal, sementara Belanda akan melawan Qatar. Belanda, Ekuador, dan Senegal sama-sama punya peluang untuk lolos ke babak 16 besar. Bagi Qatar, laga terakhir nanti akan menjadi laga formalitas belaka.

Sementara itu, Kanada tersingkir setelah menelan kekalahan kedua mereka. Alphonso Davies dan rekan-rekannya kalah 0-1 dari Belgia, kemudian tumbang 1-4 lawan Kroasia. (rri/bola)

Komentar