Portina Hadir Melestarikan Olahraga Tradisional



MARTAPURA- Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra H Masruri sampaikan selamat kepada Pengurus Portina Kabupaten Banjar masa bakti 2020-2024.

Ucapan selamat itu disampaikannya saat membacakan sambutan Bupati Banjar pada Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia (Portina) Kabupaten Banjar yang dilantik oleh Sekretaris Portina Provinsi Kalsel Sirajuddin Kahfi, di Mahligai Sultan Adam Lantai 2, Martapura Senin (31/10/2022) siang.

Masruri menjelaskan cukup banyak olahraga tradisional yang perlu dikenalkan, dikembangkan dan dilestarikan bersama. Diantaranya gobak sodor atau beasinan, tarik tambang, terompah panjang, gasing, balogo dan sejenisnya.

"Olahraga tradisional ini perlu dan bagus sekali diperkenalkan kepada generasi milineal, agar mereka mengetahui bahwa bangsa kita memiliki beragam olahraga tradisional yang asyik dimainkan dan menyehatkan, sehingga generasi muda kita tidak cuma terfokus pada game di gadget saja," jelasnya.

Masruri berpesan kepada pengurus yang baru dilantik ini agar dapat menyusun program kegiatan dan penganggaran yang benar-benar berangkat dari visi dan misi organisasi, serta target dan sasaran yang terukur sesuai harapan dan tujuan.

Dikatakan Pemerintah Kabupaten Banjar akan terus mendukung semua bentuk kegiatan yang memberikan dampak positif bagi kemajuan olahraga tradisional.


"Pengurus Portina bisa menjadi mitra pemerintah daerah dan berkontribusi dalam penyelenggaraan pembangunan daerah," harapnya.

Sementara itu Ketua Umum Portina Kabupaten Banjar Akhmad Rizanie Anshari menjelaskan, olahraga tradisional ini adalah olahraga atau permainan yang membuat gembira pada masa kecil.

"Olahraga masa kecil ini perlu dikembangkan lagi, salah satunya balogo yang telah dimainkan di beberapa desa di Kecamatan Sungai Tabuk," jelasnya. 

Ia berharap program organisasi dapat dijalankan sesuai dengan visi dan misi organisasi dan dapat bersinergi dengan pemerintah daerah. (ap/banjarkab)

Komentar