Perwira Polda Sumbar Meninggal di Hotel, Dimakamkan di Martapura



MARTAPURA - Jenazah AKBP Muchtar Siregar, yang meninggal dunia di satu hotel di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatra Barat, Kamis (17/11/2022), akan dimakamkan di Sekumpul Raya, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalsel.

Almarhum adalah Wadir Reskrim Polda Sumbar yang keperluan di Pasaman adalah menjalankan tugas dari Polda Sumbar. 

Sebagaimana dirilis apahabar.com, jenazah AKBP Muchtar Supiandi Siregar diperkirakan akan tiba pada Jumat (18/11) sore. Sebelumnya, jenazah disemayamkan di Mapolda Sumbar. Kemudian diterbangkan dari Sumbar menuju Bandara Syamsudin Noor, Banjarbaru.

Keluarga almarhum ternyata bermukim di Kompleks Bunyamin, Jalan A Yani Km 8, Kertak Hanyar, Banjar. Tampak istri Almarhum, Reika Rahmi Agustin beserta ketiga anaknya tengah menantikan sang kepala keluarga yang pulang dalam keadaan tak bernyawa.

Dalam kenangan sang istri, Almarhum merupakan sosok suami, ayah dan anggota Polri yang baik. "Almarhum orang yang baik. Saya lantas berterima kasih kepada rekan beliau di Polda Sumbar yang sudah banyak membantu selama beliau bertugas. Di sana pun banyak yang mendoakan," katanya.

Reika Rahmi mengungkapkan kepergian suami tercinta sangat mengejutkan bagi seluruh keluarga. Betapa tidak, bahkan sebelum ditemukan tak bernyawa keduanya masih saling bertukar kabar via telepon.

"Kami selalu komunikasi, lewat ponsel, beliau sebelumnya bahkan sempat ngasih kabar, nanti aku pulang, setelah melakukan pekerjaan, nggak taunya pulang untuk selamanya," lirih ibu 3 anak ini sambil terisak.

Dalam pemberitaan nasional, sang suami meninggal dalam keadaan sedang menjalankan tugas. Almarhum ke hotel untuk rehat sejenak. Namun, setelah beberapa saat tak kunjung keluar, ajudan Muchtar pun menggedor pintu.

Karena tak bersahut, ajudan yang dibantu petugas hotel pun berinisiatif untuk mengecek situasi sebenarnya. Tak disangka, Muchtar ditemukan tergeletak di lantai kamar mandi dalam kondisi tak berdenyut nadi lagi.

Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum (Wadireskrimum) Polda Sumbar AKBP Muchtar Siregar ditemukan meninggal dunia di salah satu kamar hotel di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, pada Kamis (17/11/2022) pada pukul 11.00 WIB.

AKBP Muchtar ditemukan tergeletak di lantai kamar mandi hotel tersebut. Namun untuk penyebab kematian sampai saat ini masih belum diketahui.

Menurut Kabidhumas Polda Sumbar Kombes Pol Dwi Sulistyawan, keberadaan Muchtar disana untuk menjalankan dinas yang ditugaskan langsung dari Kapolda Sumbar Irjen Pol. Suharyono.

“Beliau sedang ada tugas dari kapolda langsung,” kata Dwi, dikutip medcom.id, Kamis (17/11/2022).

Ia menambahkan Polda Sumbar sangat kehilangan dengan kepergian Muchtar. Karena kinerja Muchtar selama menjabat sebagai Wadirreskrimum Polda Sumbar sangat baik. Bahkan sejumlah kasus yang menjadi perhatian publik juga ditangani dengan baik oleh Muchtar.

Karir almarhum
Selama masa dinasnya, AKBP Siregar telah mengemban berbagai jabatan strategis di Korps Bhayangkara. Ia tercatat bernah bertugas di Polda Jambi, Polda Lampung, hingga Polda Sumbar.

Saat di Lampung, Muchtar sempat menduduki posisi sebagai Kasubdit II Ditkrimum Polda Lampung. Ia juga tercatat pernah mengemban jabatan sebagai Kapolres Kotawaringin Timur (Kotim), Polda Kalimantan Tengah. Setelah itu, pada tahun 2018, ia dimutasi menjadi Wakil Direktur Kriminal Umum Polda Sumbar. (apahabar/pikiranrakyat/antara)

AKBP Muchtar Siregar kala di Polres Kotim, Kalteng.

Komentar