Haul Syekh Al Jelani Dipadati Jemaah



MARTAPURA TIMUR - Majelis Taklim Sabilal Anwar Al Mubarak Antasan Senor pimpinan Al Mukaromah KH M Syukri Unus, peringati haul Sulthonul Aulia Sayyidi Syekh Abdul Qadir Al Jailani ke 883, di Antasan Senor, Kecamatan Martapura Timur, Senin (21/11/2022) pagi.

Peringatan haul menghadirkan penceramah Habib Umar bin Hamid Al Jilani keturunan dari Syekh Abdul Qadir Al Jailani. Selain itu turut hadiri Bupati Banjar H Saidi Mansyur beserta wakilnya Habib Idrus Al Habsyie, para ulama, habaib dan ribuan jemaah pencari berkah.

Acara haul diawali dengan pembacaan maulid Azab disertai dengan qasidah pujian kepada Rasulullah SAW, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Qori Fuad Mawardi.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur mengucapkan selamat datang kepada Habib Umar bin Hamid Al Jailani serta mendoakan keberkahan dan keselamatan bagi jemaah.

" Melalui peringatan haul ini mari kita mantapkan nilai keislaman dan keimanan kita, tanamkan rasa cinta kepada Rasulullah dan para Aulia sehingga kita mendapat keberkahan  dunia dan akhirat," ucap Saidi.

Habib Umar bin Hamid Al Jailani mengawali tausyiahnya dengan memuji jemaah yang hadir, karena betapa beruntungnya dapat pandangan dari Rasulullah dan para aulia.

" Para jemaah yang hadir ini memiliki wajah-wajah yang bercahaya, yang penuh rasa cinta kepada Syekh Abdul Qadir Al Jaelani," ucapnya. 

Dirinya berpesan kepada para santri agar menggunakan waktu dengan sebaik baiknya. Menuntut ilmu agama, menghafal kitab kitab yang membuat takut kepada Allah SWT. 

" Para santri ini adalah pewaris Nabi SAW di masa depan," ungkapnya.

Habib Umar Al Jaelani juga tak lupa memuji sosok KH M Syukri Unus, menurut beliau guru Syukri merupakan ulama yang tawadhu dan punya banyak ilmu.

" Jangan sia-siakan kehadiran guru Syukri Unus, timbalah ilmu dengan ulama yang mengenal dan takut kepada Allah SWT. Mari kita doakan beliau panjang umur dan masih bisa mendidik para muridnya sehingga bisa meneruskan misi dakwahnya," harapnya.

Habib Umar bin Hamid Al Jaelani merupakan keturunan Syekh Abdul Qadir Al Jaelani. Beliau ulama besar yang menjadi rujukan ulama-ulama ahlusunnah wal jamaah, terlebih kalangan mazhab imam Syafi'i. Saat ini Habib Umar dinobatkan sebagai Mufti Imam Syafi'i dan pemberi fatwa ajaran-ajaran Imam Syafi'i keseluruh dunia.

Komentar