Banjar Tambah Emas dari Muay Thai, Pembukaan Porprov Meriah

 
Kontingen Banjar defile pembukaan Porprov Kalsel HSS 2022 di Stadion 2 Desember Kandangan, Sabtu (5/11/2022).


HSS - Setelah menjalani sidang dewan hakim di cabor muay thai, Porprov Kalsel HSS 2022, Sabtu (5/11/2022) malam, akhirnya M Syahdan Ridhani sah meraih medali emas.

Syahdan yang turun di kelas 48 kg dinyatakan menang atas lawannya asal Tanbu. Sebelumnya Syahdan selepas bertarung di Lapangan Tenis Antaluddin Kandangan mendapat protes resmi dari kubu lawan.

Di muay thai, tidak ada sistem penilaian 10 poin. Juri menilai seluruh pertandingan sebagai peristiwa unik, bukan hanya membagi poin per ronde dan kemudian menjumlahkannya. Hal-hal yang mereka perhitungkan adalah agresi, dominasi, eksekusi teknis, dan jumlah kerusakan yang ditimbulkan.



Kemudian, dewan hakim pun mesti menjalankan pemeriksaan hasil penilaian juri. Tetap Syahdan dianggap sebagai pemenang.

M Rofiqi, Ketua Umum KONI Banjar yang menyaksikan langsung sidang dewan hakim tersebut bergembira karena atlet mereka berhasil menyumbang emas.

"Saat ini kita perlu memberi semangat kepada para atlet untuk berprestasi dan meraih medali emas sebanyak-banyaknya," ucap Rofiqi kepada pers.

Dengan demikian Banjar kini di klasemen umum mengoleksi 2 emas, 6 perak dan 7 perunggu. Kontingen Banjar berada di posisi 8 dari 13 kabupaten/kota se-Kalsel. 

Puncak klasemen dipegang Tala dengan 16 emas, 4 perak dan 5 perunggu. Kedua, HSS 11 emas 7 perak 9 perunggu serta posisi ketiga Banjarbaru 11 emas 6 perak dan 17 perunggu.

Dari cabor tenis lapangan, tim putra Banjar yang dimotori Dody dkk tak mampu lolos ke babak kedua (8 besar) setelah tenggelam di dasar klasemen grup hasil dua kali kalah dari Banjarbaru dan Banjarmasin.

Sugian Noor, pelatih tim tenis mengatakan bahwa tenis lapangan masih ada kesempatan di nomor tunggal dan ganda perorangan yang mulai berputar Minggu (6/11/2022) di Lapangan Tenis Tumpang Talu, Kandangan.

Puluhan cabor lainnya seperti arung jeram, gulat, aeromodelling juga akan memulai pertandingan hari ini.

Pembukaan Meriah
Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor bersama Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry membuka secara resmi Pekan Olahraga Provinsi ( Porprov) XI Tahun 2022 di Stadion 2 Desember, Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Pembukaan Porprov XI ditandai dengan berbagai atraksi tarian dan penyuluhan obor dan gemerlap lampu menambah semarak acara pembukaan Porprov XI HSS yang diikuti sekitar 7.500 peserta dari 13 kabupaten/kota dengan mempertandingkan 41 cabang olahraga.

Sahbirin Noor sangat meapresiasi Kabupaten HSS atas terselenggaranya Porprov. Ia mengharapkan pelaksanaan ini berjalan lancar dan sukses.

“Saya sangat mengapresiasi tuan rumah, HSS. Tentunya diharapkan berjalan lancar dan memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat Kalsel,” kata Sahbirin Noor, Sabtu (5/11/2022) malam.

Menurutnya, selain ajang kompetisi, kegiatan ini juga menjadi wadah seleksi atlet potensial dalam mencapai prestasi tertinggi.

“Dengan prestasi dapat mengharumkan daerah dan bangsa. Dengan berbagai event, mampu meningkatkan daya saing dan menambah industri olahraga dan ekonomi kerakyatan,” ungkapnya. 

Sementara itu, Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kalsel, yang sangat mendukung atas terselengaranya Porprov XI di HSS.

“Sebuah kebanggaan kami menjadi tuan rumah Porprov XI dengan berjalan lancar,” kata Fikry.

Kontingen Banjar mengikuti acara ini dipimpin langsung Wabup Banjar Habib Idrus Al Habsy. Perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI Kalimantan Selatan (Kalsel) ini digelar mulai tanggal 5-13 November 2022 yang diikuti 41 Cabang olahraga (cabor). (ap/mc-kalsel)




Komentar