Untuk No. 1 Ruud Mesti Lewati Khachanov



DENGAN pandangannya yang masih tertuju untuk mencapai puncak peringkat ATP, Casper Ruud dari Norwegia melanjutkan usahanya untuk meraih gelar Grand Slam perdananya melawan Karen Khachanov di semifinal AS Terbuka pada Jumat malam di Stadion Arthur Ashe.

Ruud mengalahkan Matteo Berrettini dalam tiga set selama pertarungan perempat finalnya, sementara Khachanov melalui permainan klasik lima set melawan Nick Kyrgios yang berapi-api .

Fans dijanjikan tontonan besar ketika Khachanov versus Kyrgios yang selalu kuat turun ke lapangan untuk pertempuran perempat final mereka, dengan total 61 ace di antara mereka.

Tiga puluh dari ace itu milik Khachanov, yang bertarung melawan runner-up Wimbledon dan mayoritas penonton di pihak Australia, tetapi pemain berusia 26 tahun itu fokus pada permainannya untuk menang 7-5 4-6 7-5 6-7(3) 6-4.

Ledakan raket lawannya setelah pertandingan secara mengejutkan menjadi berita utama, tetapi Khachanov sekarang memiliki semifinal Grand Slam pertama yang dinanti-nantikan.

Memang, Khachanov telah kehilangan setidaknya satu set dalam semua pertandingannya di Flushing Meadows sejauh ini, termasuk melawan Jack Draper - yang mundur karena cedera - tetapi tempat 10 besar dalam peringkat bisa menjadi miliknya jika dia berhasil mendapatkan trofi.

Mencoba mematahkan servis Berrettini biasanya sulit. Barrettini memiliki persentase kemenangan ketujuh terbaik dari semua pemain ATP pada servis pertamanya selama setahun terakhir (77,5%).

Namun, Ruud yang tenang meyaksikan Berrettini melakukan kesalahan sendiri di awal permainan - backhandnya sangat tidak jelas - dan start yang buruk itu akhirnya berimbas buruk pada Berrettini dan berkah buat Ruud.

Berrettini mulai bangkit kembali ke dalam kontes setelah menyerahkan lima game pertama kepada Ruud, yang tidak mencetak satu ace pada hari itu dibandingkan dengan 13 ace Berrettini. Tetapi kemenangan 6-1 6-4 7-6(4) untuk pemain berusia 23 tahun, sama sekali tidak mengesankan Barrettini sebagai pemilik persentase kemenangan servis pertama 75 %.

Ruud juga membuat sejarah bagi Skandinavia dengan mencapai final Prancis Terbuka awal tahun ini - hanya kalah dari Rafael Nadal - Ruud tidak asing dengan tie-break di AS Terbuka sejauh ini, tetapi dia mengakui bahwa dia mungkin telah kehilangan gigi melawan Berrettini saat kesalahan sendiri mulai muncul di akhir pertandingan.

Untuk menjadi nomor satu dunia pada akhir AS Terbuka, Ruud yang merupakan unggulan kelima harus berjuang keras menuju puncak event. Pesaingnya Carlos Alcaraz juga sedang tampil menarik di Flushing Meadows.

Tiket semifinal lainnya diraih petenis tuan rumah, Frances Tiafoe yang tampil gemilang berkat kemenangan atas Andrey Rublev dengan skor 7-6(3) 7-6(0) 6-4. Tiafoe menjadi satu-satunya harapan publik Amerika Serikat yang sudah puluhan tahun tak pernah menyaksikan petenisnya tampil di final Grand Slam Amerika Serikat Terbuka. 

Bakal lawan Tiafoe sedang berjuang di perempatfinal, antara Jannik Sinner melawan Carlos Alcaraz. (sportsmole/atptour)
Casper Ruud. (atptour)

Komentar