Terjadi Final Ideal



LOLOSNYA Carlos Alcaraz ke final US Open 2022 sesuai prediksi. Sebab hanya Alcaraz dan Casper Ruud yang layak memperebutkan kursi petenis nomor satu dunia.

Pada pertandingan super ketat pemuda Spanyol itu menang atas andalan tuan rumah Frances dengan skor
6⁶ - 7⁸, 6 - 3, 6 - 1, 6⁵ - 7⁷, 6 - 3.

Harapan publik New York kembali menyaksikan petenis Amerika Serikat di final punah tahun ini. Padahal sejak 2005 publik Amerika tidak pernah lagi menyaksikan petenisnya berlaga di partai puncak.

Petenis Norwegia Casper Ruud memanfaatkan kekuatan forehand-nya untuk mencapai final Grand Slam keduanya di US Open 2022. Ia lolos ke partai pamungkas setelah mengalahkan petenis Rusia Karen Khachanov 7-6(5) 6-2 5-7 6-2 di babak semifinal.


Hasil itu menjaga harapannya untuk mencapai posisi tertingginya di peringkat tenis dunia. Menjadi petenis pertama asal Norwegia yang mencapai final di Flushing Meadows, ia berhasil memenangkan reli sebanyak 55 pukulan untuk menutup tiebreak set pertama.

Di final US Open 2022, unggulan kelima tersebut akan menghadapi unggulan ketiga asal Spanyol, Carlos Alcaraz. "Pertandingan ini mungkin merupakan pertandingan terbesar dalam karier kami berdua. Anda ingin menjaga peluang yang Anda miliki dan saya bisa melakukannya hari ini," kata Ruud dikutip dari Reuters.

Ruud, yang berusia 23 tahun, dikenal karena ketenangannya di lapangan tanah liat. Namun, ia mampu tampil efektif di lapangan keras US Open. Ia memenangkan 14 poin untuk membangun keunggulan 5-1 pada set kedua yang nyaris sempurna. Penampilannya memburuk di set ketiga. Ia melakukan 11 kesalahan sendiri dan memberi Khachanov untuk meraih set point.

Namun, Ruud, finalis Roland Garros 2022, bangkit kembali untuk mengonversi break point pada peluang di game ketiga dan kelima pada set keempat. Itu membuka jalan untuk meredam permainan Khacanov dan merebut tiket ke final AS Terbuka.

Casper Ruud akan membuat lompatan besar jika menjadi juara US Open 2022. Dari peringkat tujuh dunia, ia berpotensi menjadi petenis nomor satu dunia jika dia mengangkat trofi Grand Slam tersebut. (tempo)

Komentar