Juara Grand Slam US Open dan Nomor 1 Dunia



PETENIS Spanyol Carlos Alcaraz juara US Open 2022 usai menang 6-4, 2-6, 7-6, 6-3 atas wakil Norwegia Casper Ruud pada laga final di US TA Billie Jean King Tennis Center, Senin (12/9) pagi Wita.



Pada awal pertandingan Alcaraz mendapatkan perlawanan dari Ruud. Awal set pertama nyaris terlihat persaingan setelah Ruud menyamakan skor 1-1 dan mendekat dengan 2-3.

Ruud tidak membiarkan Alcaraz unggul jauh. Setelah tertinggal 2-4, Ruud kembali memperkecil ketinggalan jadi 3-4. Pada set pertama Alcaraz menang 6-4 atas Ruud.

Ruud mencoba bangkit dan unggul pada gim pertama di set kedua. Setelah skor disamakan Alcaraz 1-1, Ruud kembali unggul 2-1.

Pertarungan ketat jelas terlihat pada set kedua ini. Alcaraz bisa menyamakan skor hingga 2-2, sampai akhirnya Ruud unggul dengan margin 4-2. Set kedua terlihat tidak begitu menyulitkan bagi Ruud setelah unggul 6-2 atas Alcaraz.

Alcaraz mencoba kembali ke performa pada set pertama dengan unggul 2-0 atas Ruud pada awal set ketiga. Alcaraz yang termotivasi pada keunggulan set kedua langsung membalikkan kedudukan dengan unggul 3-2.

Set ketiga bisa jadi yang paling sulit bagi kedua petenis. Di saat stamina terkuras, pertandingan berjalan dengan begitu sengit.

Alcaraz tidak membiarkan Ruud bisa unggul jauh. Setelah tertinggal 5-6, Alcaraz menyamakan skor jadi 6-6, sebelum akhirnya menang tie break 7-1 pada set ketiga.

Set keempat jadi penentuan bagi Carlos Alcaraz guna memenangkan final ini sekaligus juara US OPen untuk kali pertama.

Petenis asal Spanyol itu tidak ingin mengulang kesalahan set ketiga yang gagal mempertahankan keunggulan.

Pada set 'final' ini Alcaraz nyaris tidak terkejar Ruud karena bisa unggul 5-2 dan mendapatkan championship point saat skor 40-15.

Dalam poin-poin krusial ini Ruud berupaya menghambat kemenangan Alcaraz dengan skor 30-40. Meski demikian Carlos Alacaraz bisa menutup pertandingan dengan kemenangan 6-3 dan meraih gelar juara US Open 2022.

Kemenangan itu membuat Alcaraz jadi petenis termuda yang juara dalam sejarah turnamen, dikutip dari abc.net.

“Ini adalah sesuatu yang saya impikan sejak saya masih kecil. Menjadi No. 1 di dunia, menjadi juara Grand Slam, adalah sesuatu yang coba saya kejar dengan keras,” kata 

Alcaraz saat upacara penyerahan trofi. “Sulit untuk berbicara sekarang, saya memiliki banyak emosi. Ini adalah sesuatu yang saya coba capai. Semua kerja keras yang telah saya lakukan dengan tim saya dan keluarga saya. Saya baru berusia 19 tahun, semua keputusan sulit ada pada orang tua saya dan tim saya juga. Ini adalah sesuatu yang sangat spesial bagi saya."

Alcaraz memenangkan tiga pertandingan lima set berturut-turut untuk mencapai final Grand Slam pertamanya, menghabiskan 20 jam dan 19 menit di lapangan dalam enam pertandingan dalam perjalanan ke final. Namun, dia menunjukkan sedikit tanda kelelahan untuk mengalahkan Ruud.

“Tidak ada waktu untuk lelah di babak final Grand Slam...Anda harus siap dan memberikan semua yang Anda miliki. Itu adalah sesuatu yang saya kerjakan dengan sangat keras," kata Alcaraz.

Petenis berusia 19 tahun itu telah menjadi juara Grand Slam termuda sejak rekan senegaranya Rafael Nadal, 19, mengangkat trofi di Roland Garros pada 2005, sementara ia adalah peraih gelar AS Terbuka termuda sejak Pete Sampras, 19, pada 1990.

Pemenang Next Gen ATP Finals 2021 tiba di Flushing Meadows sebagai No. 4 Dunia. Namun, ia meninggalkan lapangan keras di posisi teratas, menjadi pemain termuda yang naik ke puncak gunung tenis dalam sejarah Peringkat ATP (sejak 1973).

Alcaraz juga menyamai lompatan terbesar ke No. 1, sementara dia adalah orang Spanyol keempat yang naik ke puncak, bergabung dengan pelatih Ferrero, Carlos Moya dan Nadal. (cnn/atptour)

Peringkat No. 1 Dunia Termuda Dalam Peringkat ATP


Carlos Alcaraz 19 tahun, empat bulan 12 Sep 2022
Lleyton Hewitt 20 tahun, sembilan bulan 19 Nov 2001
Marat Safin 20 tahun,10 bulan 20 Nov 2000
John McEnroe 21 tahun, satu bulan 3 Maret. 1980
Andy Roddick 21 tahun, dua bulan 3 November 2003
Bjorn Borg 21 tahun, tiga bulan 23 Agustus 1977








Alcaraz

Komentar